MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jumat, 28 Juli
2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-6
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian siswa
dapat menjelaskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun, siswa
dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila di rumah dengan benar. Serta, dapat menyebutkan nilai tempat ratusan,
puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah : Hari
Minggu nanti kita akan berwisata.
Kalian
ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin
pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana
kalau ke pegunungan saja?
Ibu : Wah,
ada dua pendapat nih.
Mana yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke kebun
binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau
mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali
ini kita pergi ke kebun binatang.
Liburan selanjutnya kita pergi ke
pegunungan.
Udin : Kakak baik
sekali. Maaf ya, Kak. Aku sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan
diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang hebat.
Ayo Menulis
Apakah kamu menemukan ungkapan pada teks percakapan di atas?
Tuliskan ungkapan dan artinya yang kamu temukan itu!
Hidup rukun di rumah membuat suasana tenang dan damai.
Lengkapilah cerita berikut dengan kata-kata yang tersedia!
Berwisata ke Kebun Binatang
Tujuan berwisata telah ditentukan dengan cara bermusyawarah.
Setelah terjadi perbedaan, akhirnya keputusan dapat diambil _____________ .
Akhirnya, tiba waktunya untuk berwisata.
Pagi-pagi Udin sudah ________ .
Ibu, kakak, dan Udin sedang mempersiapkan _____ .
Ayah sedang menyiapkan mobil. Setelah siap mereka berangkat naik mobil.
Jalan tidak _______ sehingga mereka cepat sampai.
Ayah memarkir _______ . Ibu, Udin, dan kakaknya antre membeli _____ masuk.
Ayo Mengamati
Carilah sebuah tiket bekas.
Mintalah bantuan ayah, ibu, atau saudaramu dengan bahasa yang sopan.
Laporkanlah isi dari tiket itu.
Contoh: Saya mendapatkan tiket masuk Kebun Buah.
Pada tiket masuk Kebun Buah tertulis No. 354.
Perhatikan nomor salah satu tiket masuk ke kebun buah bernomor 354.
354 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya kubus ada 354.
Dibaca tiga ratus lima puluh empat
Bilangan 454 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya kubus ada 454
Dibaca empat ratus lima puluh empat
Ayo Latihan
Tuliskan lambang bilangan berikut dengan katakata!
1. 675 = _____________________________________
2. 565 = _____________________________________
3. 875 = _____________________________________
4. 345 = _____________________________________
5. 985 = _____________________________________
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar