MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin,
24 Juli 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : 1
dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil
ya Nak… Yaitu Tema 1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran
hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini,
kalian dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita yang akan diberikan. Kemudian, dengan
diberikannnya kumpulan kubus lebih dari 100, kalian nantinya dapat
menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar, serta
dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
Hidup Rukun di Rumah
Kita semua menginginkan suasana damai di rumah.
Kedamaian terjadi karena adanya kerukunan.
Ayah dan ibu rukun. Kakak dan adik rukun. S
emua anggota keluarga menjaga kerukunan di rumah.
Apa yang harus kita lakukan agar kerukunan di rumah
tetap terjaga?
Ayo Mengamati
Simaklah teks cerita berikut ini!
Ayah
dan Ibu Menyayangi Mutiara dan Udin
Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk Mutiara dan
Udin.
Mutiara mendapatkan buku cerita.
Udin mendapatkan mainan.
Mutiara dan Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu.
Mutiara dan Udin tidak saling berebut oleh-oleh.
Perhatikan kata-kata yang dicetak miring pada teks!
Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata
asalnya disebut ungkapan.
Ayo Bermain Peran
Buatlah suatu dialog percakapan dari gambar di bawah ini!
Peragakan percakapan di atas dengan teman sebelahmu!
Ucapkan kalimat yang mengandung ungkapan dengan jelas.
Mutiara menyimpan buku hadiah dari ayahnya di rak buku.
Perhatikan susunan buku di dalam rak.
Buku-buku tersebut tersusun rapi.
Berapa banyak buku di dalam rak tersebut?
Bagaimana agar kita lebih mudah menghitungnya?
Udin bersama Mutiara mengelompokkan buku-buku tersebut.
Tiap-tiap kelompok berisi 10 buku.
1 kelompok = 1 puluhan 5 puluhan sama dengan 50
Banyak buku ada 57.
7 puluhan sama dengan 70. Banyak buku ada 77.
Sekarang, perhatikan kembali buku-buku di dalam rak!
Buku-buku dalam rak dapat dikelompokkan sebagai berikut.
Ternyata ada sepuluh tumpukan buku.
Artinya, rak buku berisi seratus buku.
Ayo Mengamati
Hitunglah jumlah kubus satuan berikut!
Jadi, 138 dibaca seratus tiga puluh delapan.
Ayo Bernyanyi
Coba bedakan panjang pendeknya nada pada lagu berikut!
Apakah kamu sudah dapat membedakan panjang pendek bunyi
pada lagu?
Bunyi yang panjang terdengar lebih lama dibandingkan
bunyi pendek.
Ayo Mengamati
Mutiara membaca buku yang dibelikan ayahnya.
Perhatikan sampul bukunya.
Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia.
Burung Garuda besar gagah perkasa.
Lihatlah perisainya!
Perisai itu memuat simbol dari sila-sila pada Pancasila.
Pancasila adalah dasar negara kita.
Ayo Membaca
Bacalah teks Pancasila berikut!
Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Setiap sila pada Pancasila memiliki simbol.
Perhatikan simbol sila-sila pada Pancasila berikut!
Amatilah gambar di bawah ini!
Menurut pendapatmu, pengamalan sila ke berapakah yang
ditunjukkan oleh gambar ini?
Apakah kamu selalu beribadah bersama keluargamu?
Ceritakan secara lisan tentang pengalamanmu ketika
beribadah bersama keluarga!
Ayo Berdiskusi
Kita sudah mempelajari ungkapan.
Tunjukkan mana yang termasuk ungkapan pada percakapan
berikut!
Udin : “Buku
Kakak banyak sekali.”
Mutiara : “Kakak memang senang membaca buku.”
Udin : “Wah,
Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
Mutiara : “Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada
buku cerita bagus, judulnya Bintang Lapangan.”
Udin :
“Ceritanya tentang apa, Kak?”
Mutiara : “Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah
hati, meskipun sudah terkenal.”
Udin :
“Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh
meminjam buku Kakak.”
Mutiara : “Sama-sama, Dik.”
Kemudian, diskusikan dengan temanmu mengenai pertanyaan-pertanyaan
berikut!
1. Apa arti ungkapan tersebut?
2. Apakah Udin dan Mutiara saling menyayangi?
3. Bagian percakapan manakah yang menunjukkan mereka
saling menyayangi?
4. Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh
Udin dan Mutiara?
5. Apakah kamu menyayangi kakak, adik, saudara, dan
orang tua di rumah?
6. Tuliskan contoh pengalamanmu yang menunjukkan kamu
menyayangi kakak, adik, saudara, atau orang tuamu!
Ayo Berlatih
Hitunglah jumlah kubus berikut ini!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar