MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin,
31
Juli 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 2 : Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema
1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan
mempelajari tentang menyebutkan kalimat ajakan, memperagakan kalimat ajakan,
menuliskan isi cerita sesuai urutan, mengidentifikasi arah gerak tangan, kaki,
dan kepala, mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki, dan
membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan
kurang dari. menyebutkan isi teks yang berisi ajakan, menyebutkan kembali
kalimat ajakan dalam teks, menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai
arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permaian sederhana dan atau tradisional, mempraktikkan gerak berlari ke
berbagai arah, menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan
sila pertama, menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan
sila kedua Pancasila. Sebagai catatan ini hanya sebagai panduan saja ketika
mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Membaca
Bacalah
percakapan di bawah ini dengan nyaring!
Udin
dan Edo mengajak semua teman bermain.
Mereka
tidak memilih-milih teman.
Udin
dan Edo selalu menjaga kerukunan.
Ayo
Mencoba
Sebutkan
kalimat ajakan pada percakapan Udin dan Edo tersebut!
Kalimat
ajakan :
Kalimat
ajakan adalah kalimat yang mengharapkan tanggapan berupa tindakan dari orang
yang diajak bicara. Kalimat ajakan termasuk ke dalam jenis kalimat perintah
karena kalimat ajakan mengandung unsur memberikan perintah kepada seseorang
untuk melakukan suatu hal.
Do, ayo
kita bermain kelereng di lapangan.
Ayo, Din.
Kita ajak teman yang lain.
Tuliskan
kalimat yang kamu gunakan untuk mengajak teman bermain.
kita
bermain sepeda di halaman.
Wan, mari
kita bermain petak umpet bersama teman-teman.
Ayo, Lan.
Belajar bersama di rumahku
Peragakan
kalimat itu di depan kelas dengan percaya diri!
Ayo
Mengamati
Amatilah
gambar di bawah ini!
Urutkan
gambar di bawah ini sehingga menjadi sebuah cerita.
Ayo
Menulis
Tuliskan
isi cerita sesuai urutan gambar pada halaman 52.
Tuliskan
dengan ejaan dan bahasa yang cermat dan santun
Udin dan
Beni mengajak Made bermain kelereng di lapangan. Made menyetujui ajakan Udin.
Made mengambil kelerengnya terlebih dahulu. Setelah Made mengambil kelereng,
mereka bermain bersama. Setelah selesai bermain, Made mengajak Beni dan Udin
untuk merapikan tempat yang mereka pakai bermain. Mereka bekerja sama merapikan
tempat bermain tersebut untuk menjaga kebersihan.
Ayo Mengamati
Di
lapangan teman-teman Udin sedang bermain.
Mereka
melakukan berbagai permainan.
Perhatikan
gambar gerakan-gerakan anak bermain tersebut!
Menirukan
Gerak Bermain
Ayo
Mencoba
Lakukanlah
gerakan-gerakan tersebut.
Mula-mula,
lakukan gerakan itu tanpa hitungan.
Selanjutnya,
lakukan gerakan itu dengan hitungan bersama teman-temanmu.
Gerakan
keseharian juga dapat dilakukan dengan menggerakkan tangan, kepala, dan kaki.
Ayo
Mengamati
Udin
dan Edo membawa kelereng.Kelereng Udin ada 115.
Kelereng
Edo ada 124.
Perhatikan
banyak kelereng itu bila digambarkan dengan kubus satuan
Perhatikan puluhannya, 10 kurang dari 20.
Kubus
yang lebih banyak adalah 1124
Jadi,
kelereng Udin lebih sedikit dari kelereng Edo.
Ayo
Berlatih
Berilah
tanda √ untuk kumpulan benda yang lebih banyak!
Tulislah
lebih dari, kurang dari, atau sama banyak dengan teliti
Ayo
Mengamati
Udin
dan teman-teman sangat kompak.
Banyak
kegiatan yang dilakukan bersama.
Misalnya,
memperingati hari kemerdekaan.
Bacalah
percakapan di bawah ini dengan teliti!
Garis
bawahi kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain.
Udin |
: |
Edo,
kamu sudah tahu belum? Nanti akan ada lomba sepeda hias, lho. |
Edo |
: |
Lomba
dalam rangkaapa, Udin? Ayo kita ikut lomba itu,sepertinya
menyenangkan! |
Udin |
: |
Dalam
rangka perayaan Hari Kemerdekaan di kampung kita. Ban sepedamu sudah
dipompa? Ayo, aku bantu memompanya. Setelah itu, kita hias
sepeda bersama-sama. |
Edo |
: |
Wah,
terimakasih, Din. Mari kita mempersiapkankeperluan untuk
menghias sepeda kita. |
Ayo
Berlatih
Bacalah
kembali percakapan di depan!
Apa
yang ingin kamu ketahui mengenai persiapan lomba sepeda hias?
Tuliskan
pertanyaan itu pada kartu tanya jawab!
Tukarkan
pertanyaan yang kamu buat dengan teman sebelahmu.
Kemudian,
berikan jawaban yang benar sesuai dengan pertanyaan temanmu.
Contoh
1
Pertanyaan
: Bagaiman cara membuat sepeda hias?
Jawaban :
Cara membuat sepeda hias adalah dengan menempelkan kertas berwarna-warni pada
sepeda.
Contoh
2
Pertanyaan
: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sepeda hias?
Jawaban :
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sepeda hias antara lain lem, kertas warna
warni, dan bendera merah putih.
Ayo
Mencoba
Perhatikan
gerak berlari di bawah ini
Setelah
melakukan gerakan-gerakan tersebut, marilakukan permainan berikut.
Perhatikan
gambar anak-anak yang sedang bermain Menjala Ikan.
Petunjuk
Permainan Menjala Ikan:
1.
Siswa diajak ke lapangan permainan.
2.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok
pertama terdiri atas tiga sampai 4 siswa. Kelompok pertama menjadi jaring.
3.
Selebihnya siswa merupakan kelompok 2, menjadi
kelompok ikan.
4.
Kelompok jaring saling bergandengan tangan
berusaha menangkap ikan dengan cara mengejarnya.
1.
Ikan yang dikejar harus menghindar. Apabila
siswa (ikan) duduk, maka siswa (jaring) tidak boleh menangkapnya.
2.
Siswa (ikan) yang tertangkap menjadi kelompok
jaring, sehingga kelompok jaring menjadi semakin panjang.
3.
Demikian seterusnya sampai ikan habis.
Tuliskan
sikap yang menunjukkan saling membantu dengan teman
1.
Meminjamkan peralatan tulis ketika ia lupa
membawa ke sekolah.
2.
Membantu teman memahami pelajaran yang belum ia
pahami.
3.
Membantu teman apabila ia membutuhkan
pertolongan seperti ketika ia terjatuh, terpeleset dan sebagainya.
4.
Memberikan semangat agar ia tidak berkecil hati,
tetap semangat belajar
Ayo
Berlatih
Udin
menghias sepeda di rumah Edo.
Urutkan
gambar-gambar di bawah ini agar menjadi cerita!
Tuliskan
kalimat sesuai gambar!
1.
Suaru hari Udin bermain ke rumah Edo.
2.
Mereka menghias sepeda untuk perlombaan
memperingati Hari Kemerdekaan.
3.
Menjelang sore, Udin pamit pulang untuk
beribadah.
4.
Edo mengiyakan dan menghias sepeda akan
dilanjutkan besok.
Gambar-gambar
pada kalimat tersebut akan membentuk cerita apabila diurutkan dengan baik dan
benar. Siswa diminta mengurutkan gambar tersebut sehingga membentuk cerita.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memperhatikan cerita gambar di atas!
1.
Apakah Edo marah ketika Udin pamit pulang untuk melakukan ibadah?
Edo tidak
marah ketika Udin pamit pulang untuk melakukan ibadah.
2.
Gambar manakah yang menunjukkan Edo memberikan kesempatan kepada Udin untuk
beribadah?
Gambar
yang menunjukkan Edo memberikan kesempatan kepada Udin untuk beribadah adalah
gambar 4.
3. Apa
yang dikatakan Edo setelah Udin pamit pulang?
Setelah
udin pamit pulang Edo mengatakan bahwa menghias sepeda akan dilanjutkan besok.
4. Apa
kesimpulan cerita bergambar tersebut?
Kesimpulan
: Edo memberikan kebebasan beribadah kepada Udin sesuai dengan sila pertama
Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa
Ayo Menulis
Udin
berteman baik dengan Edo.
Ketika
Edo mendapat kesulitan, Udin mau membantu.
Meskipun
sedang asyik bermain, Udin tidak melupakan kewajiban beribadah.
Sikap
Udin dan Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila, terutama sila pertama dan
kedua.
Tuliskan
kalimat sila-sila itu pada tempat di bawah ini
Ayo
Berlatih
Lengkapilah
cerita berikut ini sesuai dengan keadaanmu!
Kerjakan
dengan teliti.
Kemudian,
bacalah ceritamu itu di depan kelas dengan percaya diri!
Aku mempunyai teman bermain
di sekitar rumah.Nama teman-temanku itu adalah Wawan Jika temanku mengalami
kesulitan, aku akan membantu. Meskipun senang bermain, aku selalu ingat
beribadah.
Pasangkanlah
gambar di bawah ini dengan lambang sila yang sesuai, jika sikap sesuai
pengamalan pancasila.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar