MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Rabu,
8 Maret 2023
Tema
7 : Kebersamaan
Subtema
2 : Kebersamaan
di Sekolah
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah akan mempelajari tentang
menemukan kata sapaan, menjelaskan penggunaan kata sapaan, menuliskan kata
sapaan, menirukan kata sapaan, mengoreksi kata sapaan, membacakan kata sapaan, menggunakan
kata sapaan dalam kalimat, mengelompokkan karakteristik teman sekolah
berdasarkan suku/asal daerahnya, membuat daftar kelompok yang heterogen
berdasarkan suku/asal daerahnya, menyatakan pecahan stengah, sepertiga,
seperempat, dan seperlima sebagai bagian dari keseluruhan. Sebagai catatan
tulisan ini hanya sebagai panduan saja pada saat mengikuti kegiatan
pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo
Mengamati
Belajar
Kelompok
Hari
ini, Ibu Guru membentuk siswa dalam kelompok.
Mereka
menirukan dialog dalam dongeng persahabatan Elang dan Ayam Jantan.
Setiap
kelompok mempraktikkan dialog.
Beni
berperan sebagai Elang.
Siti
berperan sebagai Ayam Betina.
Edo
berperan sebagai Ayam Jantan.
Setiap
kelompok bekerja sama mempraktikkan dialog dongeng.
Semua
saling membantu teman.
Ayo
Bermain Peran
Lakukan
dialog Elang, Ayam Jantan, dan Ayam Betina bergantian di depan kelas!
Persahabatan
Elang dan Ayam Jantan
Dialog
1
Elang |
: |
“Keluarlah
sahabatku, penjahat itu sudah pergi.” |
Ayam
jantan |
: |
“Terima
kasih Elang, engkau telah menyelamatkanku .” |
Elang |
: |
“Kenapa
sahabatku, tampaknya engkau sedih sekali, engkau sakit?" |
Ayam
jantan |
: |
“Tidak,
aku sehat. Aku mau bertanya padamu, sahabat.” |
Elang |
: |
“Apa
kawan, tanyalah.” |
Ayam
jantan |
: |
“Kenapa
engkau dapat terbang tinggi, aku melompat pun tidak dapat. Bukankah kita
sama-sama burung?” |
Elang |
: |
“Dulu
aku juga tidak dapat terbang. Setelah aku menjahit kedua sayapku dengan jarum
emas ini, aku menjadi ringan dan dapat terbang.” |
Ayam
jantan |
: |
“Kalau
begitu, bolehkah aku meminjam jarum emas itu?” |
Elang |
: |
“Boleh,
kau harus ingat yang kau jahit kedua sayapmu supaya jadi ringan. Kau harus
berjanji tidak akan meminjamkan jarum itu kepada siapa pun, dan jangan sampai
hilang.” |
Ayam
jantan |
: |
“Sahabatku,
engkau tak usah bimbang. Aku akan berhati-hati dan akan segera
mengembalikannya kepadamu.” |
Burung Elang pun menyerahkan jarum emas itu kepada Ayam Jantan. Ayam Jantan menerimanya dengan gembira.
Ayam
Jantan pun menjahit keduanya sayapnya. Tetapi ia tidak sabar, belum selesai menjahit,
Ayam itu terus mengepakkan sayapnya dan melompat ke atas pagar.
“Koo,
koo, aak, koo, aak, aku dapat terbang.” Ayam Jantan itu rupanya diperhatikan
oleh Ayam Betina yang kebetulan lewat di situ.
Dialog
2
Ayam
betina |
: |
“Bagaimanakah
engkau bisa terbang?” |
Ayam
jantan: |
: |
“Aku
menjahit sayapku dengan jarum emas ini.” |
Ayam
betina |
: |
“Boleh
aku pinjam?” |
Ayam
jantan |
: |
“Pakailah
dan setelah itu lompatlah di sisiku.” |
Ayam
betina cepat-cepat menjahit sayapnya dan berkotek sombong.
Ayam
jantan |
: |
“Di
mana jarum emas itu?” |
Ayam
betina |
: |
“Tadi
aku letakkan di tanah.” |
Ayam
jantan |
: |
“Aku
khawatir jarum itu hilang. Jarum itu kepunyaan sahabatku, si Elang. Kita
mesti mencari sampai dapat.” Ayam Jantan merasa kecewa dan bersedih hati
karena merasa bersalah meminjamkan jarum emas itu. |
Elang |
: |
“Wah
pagi-pagi sudah mencakarcakar tanah.” Bagaimana sekarang, engkau sudah dapat
terbang?“ |
Ayam
jantan |
: |
“Aku
hanya dapat melompat setinggi pagar dan aku minta maaf padamu.” |
Elang |
: |
“Kenapa
pula kau mesti minta maaf?” |
Ayam
jantan |
: |
“Jarum
emasmu telah hilang.” |
Elang |
: |
“Engkau
tidak menurut kata saya. Engkau telah ingkar janji. Aku tidak mau bersahabat
denganmu lagi.” |
Ayam
betina bertelur dan menetas enam ekor anak.
Ayam
jantan |
: |
“Kau
harus menjaga anak-anakmu agar jangan dibiarkan berjalan sendiri-sendiri.” |
Ayam
betina |
: |
“Hai
Ayam Jantan, aku melihat Elang terbang rendah.” |
Ayam
jantan |
: |
“Mungkin
ia akan menyambar anakmu karena kau telah menghilangkan jarum emas miliknya.” |
Elang
pun menyambar seekor anak ayam.
Ayam
betina |
: |
“Jangan
ambil anakku!” |
Ayam
jantan |
: |
“Sebaiknya
kita mencari jarum emas itu.” |
Ayam
betina |
: |
“Baiklah. |
Ayam
jantan |
: |
“Aku
menemukan jarum emas ini di atas tanah di bawah pagar tempat kita menjahit.” |
Ayam
betina |
: |
“Sebaiknya
kita kembalikan kepada Elang.” |
Elang |
: |
“Apakah
kalian sudah menemukan jarum emas itu?” |
Ayam
jantan |
: |
“Sudah,
tapi kami berharap kau tidak akan menyambar anak ayam milik betina lagi.” |
Elang |
: |
“Baiklah.” |
Akhirnya
Ayam jantan dan Ayam betina dapat
bersahabat kembali dengan Elang.
Simak
Video Persahabatan Elang dan Ayam Jantan berikut ini.
Ayo
Menulis
Buatlah
kalimat sederhana yang memuat kata sapaan!
1.
Ayam jantan
Elang:
“Keluarlah Ayam Jantan, penjahat itu sudah pergi.”
2.
Ayam betina
Ayam
Jantan: “Ayam Betina, kau harus menjaga anak-anakmu!”
3.
Elang
Ayam
Jantan: “Terima kasih Elang, engkau telah menyelamatkanku.”
4.
Engkau
Ayam
Jantan : “Kenapa engkau dapat terbang tinggi, aku melompat pun tidak dapat. Bukankah
kita sama-sama Burung?”
5.
Kawan
Elang:
“Apa Kawan, tanyalah!”
6.
Sahabatku
Ayam Jantan : “Sahabatku, engkau tak usah
bimbang. Aku akan berhati–hati dan akan segera mangembalikannya kepadamu.”
Ibu
Guru membentuk kelompok kecil.
Setiap
anggota memiliki suku atau asal daerah yang berbeda.
Siti
satu kelompok dengan Dayu.
Siti
berasal dari Jawa, Dayu berasal dari Bali.
Beni
satu kelompok dengan Edo.
Beni
berasal dari Batak, Edo berasal dari Papua.
Ayu
satu kelompok dengan Made.
Ayu
berasal dari Jawa, Made berasal dari Bali.
Ayo
Berlatih
Tuliskan
nama-nama di atas sesuai dengan suku/daerah asalnya!
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan
dengan kelompokmu, bagaimana sikapmu terhadap teman yang berlainan suku atau
asal daerah!
Sampaikan
hasil diskusimu di depan kelas!
Kita harus menghargai dan menghormati
terhadap teman yang berbeda suku
Ayo
Berlatih
Berilah
tanda centang (√) pada jawaban yang benar!
Pasangkan
pecahan dan gambar yang sesuai! Nyatakan pecahan yang menyatakan banyaknya
burung kuning dari kawanan burung berikut ini!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar