Selasa, 28 Maret 2023

Kelas 2. Tema 7 Subtema 3 PB 3

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Selasa, 28 Maret 2023

Tema 7                              :  Kebersamaan 

Subtema 3                        :  Kebersamaan di Tempat Bermain

Pembelajaran                  :  3

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan mempelajari tentang membaca dongeng, mengaitkan isi dongeng dengan kehidupan, mengidentifikasi karakteristik teman berdasarkan kegiatan di perpustakaan, membuat daftar tentang kegiatan di perpustakaan, menyatakan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, menyajikan pecahan yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

Ayo Mengamati

Bermain di Kebun Sekolah


Saat istirahat, Siti dan teman-temannya bermain di kebun sekolah.

Di kebun sekolah terdapat tanaman obat keluarga (toga).

Siti duduk di kursi di sekitar kebun sekolah.

Mereka membaca buku cerita sambil menikmati keindahan kebun.

Di kebun tampak kupu-kupu sedang terbang di antara tanaman.

Dayu menyukai buku cerita binatang.

 

Ayo Mengamati

Ayo mencari tahu cerita tentang binatang!

 

"Kupu-kupu Berhati Mulia"

Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor Semut berjalan-jalan di kebun sekolah. Ia sangat senang karena bisa berjalan-jalan melihat kebun sekolah yang sangat indah. Sang Semut berkeliling kebun sekolah sambil menyapa binatang-binatang yang berada di kebun sekolah itu.


Ia melihat sebuah Kepompong yang menggantung di ranting. Sang Semut mengejek bentuk Kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. "Hai Kepompong, alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya bisa terdiam dan tergantung di situ. Ayo jalan-jalan, lihat kebun sekolah yang luas dan indah ini. Bagaimana nasibmu bila ranting itu patah?" Kepompong itu hanya terdiam.

 

Hingga pada suatu hari, Semut berjalan-jalan di kebun sekolah itu. Karena hujan, kebun sekolah itu dipenuhi lumpur sehingga Semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur, Semut itu jatuh. Semut itu berteriak minta tolong sekencang mungkin. "Tolong bantu aku, aku mau tenggelam, tolong ... tolong ... tolong aku!"

 

Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu terbang melintas, kemudian Kupu-kupu itu menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut. "Semut, peganglah erat-erat ranting itu, nanti aku akan mengangkat ranting itu". Lalu si Semut memegang erat-erat ranting itu.

 

Dengan sekuat tenaga, Kupu-kupu mengangkat ranting tersebut, kemudian Kupu-kupu menurunkannya di tempat yang aman. Semut berterima kasih kepada Kupu-kupu karena telah menolong nyawanya. "Aku adalah Kepompong yang pernah kau ejek", kata si Kupu-kupu.

 

Ternyata Kepompong yang dulu diejek Semut sudah menyelamatkannya. Akhirnya sang Semut pun berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di kebun sekolah itu.

 

Ayo Membaca

Secara berkelompok, bacalah dongeng di atas! Salah satu siswa membaca, sementara anggota kelompok lainnya menyimak.

 

Silahkan lihat video Kupu-kupu Berhati Mulia berikut ini.

 

Ayo Berlatih

1. Mengapa Semut mengejek Kepompong?

Jawab: Karena kempompong tidak dapat berjalan keliling kebun.

2. Bagaimana sikap Kepompong ketika diejek Semut?

Jawab: Kepompong diam dan tidak menghiraukan ejekan Semut

3. Mengapa Semut meminta tolong?

Jawab: Karena Semut terjebak dalam lumpur

4. Bagaimana sikap Kupu-kupu terhadap Semut?

Jawab: Kupu-kupu menolong Semut

5. Bagaimana cara Kupu-kupu menolong Semut?

Jawab: Kupu-kupu menyuruh Semut memegang ranting, kemudian Kupu-kupu membawa ranting terbang

6. Setelah Kupu-kupu menolong Semut, apakah yang diucapkan oleh Semut kepada Kupu-kupu?

Jawab: Ucapan terima kasih.

7. Tulislah janji yang diucapkan oleh Semut setelah ditolong oleh Kupu-kupu!

Jawab: Semut berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di kebun sekolah itu.

 

Sebelum bermain ke kebun sekolah, Siti dan teman-temannya pergi ke perpustakaan terlebih dulu.

Mereka gemar meminjam buku cerita.

Siti membaca buku cerita di sekitar kebun sekolah.

 

Ayo Berlatih

Ayo, coba cari informasi tentang kegiatan kesukaan teman-temanmu ketika pergi ke perpustakaan!

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu, bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kegiatan kesukaan di perpustakaan yang berbeda!

 

Tuliskan hasil diskusimu!

Kita harus menghargai dan menghormati teman lain yang memiliki kegiatan kesukaan berbeda di perpustakaan.

 

Di meja perpustakaan terdapat tumpukan buku.

Ada yang terdapat dua buku.

Ada yang berisi tiga buku.

Ada yang berisi empat buku.

 

Ayo Berlatih

Ayo, perhatikan beberapa tumpukan buku berikut!



Ayo Berlatih

Pada setiap tumpukan buku paling atas bertanda X. Pasangkanlah bilangan pecahan yang sesuai dengan pecahan yang menunjukkan banyak buku yang bertanda X pada tumpukan buku berikut ini!



Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...