MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin,
27 Maret 2023
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 3 : Kebersamaan
di Tempat Bermain
Pembelajaran : 1
dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan
mempelajari tentang membaca dongeng, mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun,
menyatakan pecahan seperempat, setengah dan sepertiga, menyajikan pecahan
seperempat, setengah dan sepertiga, mengidentifikasi ciri-ciri gambar
imajinatif, mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif,
mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan gambar imajinatif.
mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif, dan mampu menggambar
imajinatif, mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis
kelamin, menyajikan data teman berdasarkan karakteristik teman sekolah yang
memiliki jenis kelamin berbeda, memahami kata sapaan yang terdapat pada
dongeng, dan menuliskan kata sapaan yang terdapat pada dongeng. Sebagai catatan
tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Bermain di Taman
Hari ini hari Minggu. Siti dan teman-temannya bermain di taman.
Mereka bermain Kucing dan Tikus.
Bermain di taman membuat badan menjadi segar.
Setelah bermain Kucing dan Tikus, Siti penasaran tentang kisah Kucing dan
Tikus yang bermusuhan.
Siti kembali ke kelas menemui Ibu Guru untuk mencari informasi tentang
kisah Kucing dan Tikus.
Ayo Berlatih
Ayo, mencari informasi tentang persahabatan kucing dan tikus!
Ayo Membaca
Ayo, baca kisah Kucing dan Tikus berikut ini di depan kelas secara
bergantian! Siswa yang lain menyimak.
Kisah Kucing dan Tikus
Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat. Kemana saja Kucing pergi, Tikus
selalu ikut. Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.
Tikus |
: |
“Hai, Kucing!” |
Kucing |
: |
“Ada apa?” |
Tikus |
: |
“Mari kita makan ikan asin.” |
Kucing |
: |
“Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin? |
Tikus |
: |
“Itu di sana, digantung di rumah Pak Tani. Ikan
asinnya amat banyak, kita akan puas memakannya.” |
Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika malam tiba, Tikus dan
Kucing berangkat ke rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus akan memanjat ke
atas, sedangkan Kucing menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke atas, Tikus
berpesan.
Tikus |
: |
“Kalau ada ikan asin yang jatuh ke sini, cepatlah
kamu melompat dan menerkam. |
Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan asin digantung. Setelah ia
menemukan ikan asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya kepada Kucing yang
kelaparan menunggu dengan siaga sambil menengadahkan kepalanya ke atas.
Kucing |
: |
“Kok, lama benar Tikus di atas? Tikus sudah
mendapatkan ikan asin apa belum, ya? Perutku sudah lapar sekali!” |
Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang paling besar dan bagus. Tikus
mulai menggerek tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai tali pengikat ikan
asin itu digerek, karena kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh penghuni
rumah, tiba-tiba Tikus salah injak dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus
berkata.
Tikus |
: |
Jangan kau makan saya. Saya adalah Tikus kawanmu,
jangan makan saya!” |
Kucing |
: |
“Ikan asin …..sin…..siin…..!” |
Tikus |
: |
“Aduh, saya bukan ikan asin! Saya kawanmu! Saya
belum sempat menjatuhkan ikan asin itu, lalu saya terjatuh. Kuciiiiing, saya
bukan ikan asin!" |
Kucing |
: |
“Ikan asin ……me…..me…..ong!” |
Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan merasa ditipu olehnya. Di sinilah
asal mulanya Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit hati pada Kucing
yang memakannya. Kucing pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus telah memakan
ikan asin sendiri. Sejak saat itu pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab
Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah ikan asin.
Simak Video Kisah Kucing dan Tikus berikut ini.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah sesuai dengan kisah Kucing dan
Tikus!
1. Apa yang dicari Kucing dan Tikus untuk dimakan?
Jawab: Ikan asin
2. Di mana Kucing dan Tikus mencari makan?
Jawab: Di rumah Pak Tani
3. Siapa yang bersikap curang ketika menemukan makanan?
Jawab: Tikus
4. Mengapa sampai hati Kucing memakan Tikus?
Jawab: Karena Tikus serakah terhadap Kucing
5. Kucing dan Tikus sepakat,
Jawab: Tikus : Tikus mengambil ikan asin di atas
Kucing : kucing menangkap di bawah
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah ini!
Ayo Berlatih
Coba cocokkan dengan pecahan banyaknya roti yang dimakan tikus atau kucing!
Menggambar Imajinasi
Hari ini Siti bermain di halaman sekolah.
Siti melihat ada beberapa temannya bermain bola.
Siti ingin menggambar suasana di halaman sekolah.
Ada tiga siswa bermain bola di halaman.
Siti membuat sketsa gambarannya.
Kemudian, Siti mewarnai gambarnya.
Ayo Berkreasi
Coba kamu lihat suasana di halaman sekolahmu ketika jam istirahat! Amati
teman-temanmu yang bermain di sana! Buatlah sketsa gambar suasana bermain di
halaman sekolah! Kemudian, warnai gambarmu!
Langkah-langkah menggambar
1. Siapkan alat dan bahan. (kertas gambar, pensil, krayon , dan penghapus)
2. Lakukan pengamatan atau observasi.
3. Buatlah sketsa gambar.
4. Berilah warna.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan tentang ciri-ciri gambar imajinasi dan langkah-langkah membuat
gambar imajinasi! Sampaikan hasil diskusi di depan temantemanmu.
Salah satu ciri gambar imajinasi adalah dibuat berdasarkan pengamatan atau
observasi si pelukis.
Langkah-langkah menggambar imajinasi antara lain :
1. Siapkan alat
dan bahan
2. Lakukan
pengamatan atau observasi
3. Buatlah
sketsa
4. Berilah warna
Bermain di Kolam Renang
Siti dan teman-temannya bermain di kolam renang.
Mereka bermain berkelompok.
Laki-laki membentuk kelompok.
Perempuan membentuk kelompok.
Beberapa siswa berbeda suku, bahasa, dan agama.
Semua kompak dan saling bekerja sama.
Siti dan teman-temannya membagi kelompok dengan adil.
Laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.
Setiap siswa mencari kawan main yang memiliki tinggi badan sama.
Ayo Berlatih
Ayo, kelompokkan teman-temanmu berdasarkan tinggi badannya!
Tinggi Badan |
Nama Siswa |
100-110 |
|
111-120 |
|
121-130 |
|
131-140 |
|
141-150 |
Ayo Mencoba
Ayo, bentuklah kelompok di kelasmu berdasarkan tinggi badan yang sama! (
Ayo Berdiskusi
Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki tinggi badan berbeda?
Tuliskan kesimpulanmu!
Kita harus saling menghormati dan menghargai terhadap teman yang memiliki
tinggi badan yang berbeda.
Ayo Berlatih
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x)!
1. |
Sikap terhadap teman yang badannya pendek adalah … |
|
a. |
saling mengejek |
|
b. |
saling menghormati (X) |
|
c. |
saling menghina |
|
2. |
Dengan kebersamaan kita akan … |
|
a. |
damai (X) |
|
b. |
menderita |
|
c. |
sengsara |
|
3. |
Dengan kebersamaan di sekolah, semua siswa menjadi … |
|
a. |
bermalas-malasan |
|
b. |
semangat belajar (X) |
|
c. |
tidak nyaman |
|
4. |
Kebersamaan dapat diciptakan dengan … |
|
a. |
saling menyayangi X) |
|
b. |
saling memusuhi |
|
c. |
saling adu domba |
|
5. |
Contoh sikap kebersamaan yaitu … |
|
a. |
bermain bersama (X) |
|
b. |
mencuri bersama |
|
c. |
berkelahi bersama |
|
6. |
Kebersamaan menyebabkan … |
|
a. |
persatuan (X) |
|
b. |
perpecahan |
|
c. |
peperangan |
|
7. |
Bersatu kita teguh bercerai kita … |
|
a. |
rukun |
|
b. |
kukuh |
|
c. |
runtuh (X) |
Seusai bermain, Siti dan teman-temannya membicarakan tentang kisah Kucing
dan Tikus. Mereka saling melengkapi cerita.
Ayo Berlatih
Sebelumnya kamu telah membaca kisah Kucing dan Tikus.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kisah Kucing dan Tikus!
1. Kata sapaan yang digunakan Kucing ketika menyapa Tikus adalah ....
Jawab: Tikus
2. Kata sapaan yang digunakan Tikus ketika menyapa Kucing adalah ....
Jawab: Kucing
3. Kata sapaan lain yang terdapat pada cerita adalah …
Jawab: kau
4. Tuliskan kalimat yang diucapkan Tikus kepada Kucing!
Jawab: Tikus: “Mari kita makan ikan asin.”
5. Tuliskan kalimat yang diucapkan Kucing kepada Tikus!
Jawab: Kucing: “Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?”
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar