Materi Pembelajaran
Hari/ Tanggal : Kamis, 23 Febuari 2023
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 4 :
Merawat
Tumbuhan
Pembelajaran : 4 dan 5
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih
dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu
semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang
menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan
kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai
ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan
dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan
tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca
kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini
hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Dibelakang halaman rumah Dayu berbagai
tanaman sayur dan buah.
Tanaman sayur dan buah dirawat itu
dirawat oleh Dayu.
Bacalah teks
berIikut!
Keluarga Dayu suka berkebun.
Ibu Dayu menanam berbagai tanaman bunga
di depan rumah.
Ayah Dayu menanam buah dan sayur di
belakang rumah.
Semua tanaman dirawat dan dipelihara.
Semua tanaman diberi pupuk secara teratur. Semua tanaman disiram setiap hari.
Dayu bertugas untuk memetik daun-daun
yang layu. Ibu Dayu memetik buah pohon yang masak.
Rumah Dayu menjadi asri karena tanaman
yang terawat.
Masih ingatkah
kamu dengan penggunaan kalimat tanya?
Dapatkah kamu
membuat pertanyaan berdasarkan teks di atas?
Kata tanya apa
saja yang dapat kamu gunakan? Diskusikan dengan temanmu.
Siapa |
Di mana |
Berapa |
Kapan |
Apa |
Lingkari kata
tanya yang dapat kamu gunakan berdasarkan teks di atas.
Aku membuat bunga dari kertas tisu. Cara
membuatnya :
1. Kertas tisu dilipat hingga berbentuk
menyerupai bunga.
2. Setelah dilipat, kertas tisu diikat
ujungnya menggunakan benang.
Di halaman rumah dayu terdapat pohon
mangga. Pohon mangga dayu sedang berbuah lebat.
Mangga yang sudah masak mulai dipetik.
Mangga yang dipetik ditimbang.
Dayu memasukkan buah mangga yang dipetik
ke dalam keranjang.
Ada keranjang yang besar, ada keranjang
yang kecil.
Perhatikan gambar keranjang-keranjang
yang berisi mangga berikut.
Mangga-mangga tersebut akan dibagikan
kepada para tetangga.
Oleh karena itu, mangga-mangga tersebut
dimasukkan ke dalam tas plastik.
Satu plastik bisa memuat 1 kg buah
mangga.
Perhatikan gambar 5 kg yang dimasukkan
ke dalam tas plastik.
Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus
adalah salah satunya.
Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus?
Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di
daerah kering seperti gurun.
Daun kaktus biasanya berduri.
Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak
untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya.
Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa
tanaman kaktus dalam pot.
Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya
setiap 3 hari sekali.
Bersama dengan teman sebangkumu,
susunlah kalimat tanya berikut.
Kemudian, jawablah sesuai bacaan di
atas.
Pilihlah kata tanya sebagai awal kata
pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.
Gunakan tanda tanya di akhir kalimat.
Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan
contoh!
Membawa – siapa – dalam pot – tanaman
kaktus - yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus
dalam pot
Jawaban :
Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa
tanaman kaktus dalam pot.
1. Dapat – kaktus – di mana – tumbuh
Pertanyaan :
Jawaban :
2. Air – menyimpan – kaktus – di mana
pertanyaan :
Jawaban :
3. Bentuk – daun – bagaimana – kaktus
Pertanyaan:
Jawaban :
4. Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa
yang
Pertanyaan :
Jawaban :
5. kapan – menyiram – Siti – KAKTUS
Pertanyaan :
Jawaban :
Tanaman hias ditanam di dalam pot.
Ibu dayu ingin menggantung
tanaman-tanaman hias di atap teras rumah.
Supaya tidak terlalu berat, pot-pot itu
ditimbang terlebih dahulu.
Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang
beratnya 2 ons.
Mana yang lebih berat mari kita gunakan
tanda > dan <
5 ons > 2 ons
Di halaman sekolah Siti, terdapat banyak tanaman. Tanaman
itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah. Setiap siswa mendapat tugas
merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas. Siti, Beni, dan Dayu
sedang mengamati tukang kebun bekerja.
Lalu, angin berubah arah. Angin bertiup dari kiri.
Liukkan pinggangmu ke kanan. Lakukan dalam 8 kali hitungan. Angin kembali
berubah arah. Kali ini, angin bertiup dari belakang. Liukkan badanmu ke depan.
Lakukan dalam 8 kali hitungan.
Sekarang, cobalah berpasang-pasangan dalam melakukan
gerakan ini. Satu anak akan memberi perintah, dan anak lainnya akan melakukan
gerakan. Ayo, meliuk-liuk seperti rumput! Lakukan sesuai ketukan.
Ayo Berdiskusi
Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat
tanaman yang ada di sekolah. Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk
kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin. Dayu dan Lani ditugaskan pada
hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari Rabu. Pada hari Rabu, Niko
datang terlambat. Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.
Diskusikan dengan temanmu hal-hal berikut ini.
1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang
terlambat?
2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata
tertib?
3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu?
4. Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman
kalian yang melakukan hal seperti Niko?
Tuliskan hasil diskusi kalian pada kotak yang
tersedia.
Ayo Berlatih
Pasangkan tata tertib sekolah berikut dengan manfaat
yang tepat.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu ketika melakukan piket kelas.
Supaya memudahkan bercerita, jawablah pertanyaan berikut!
TUGAS
MENYUSUN KATA
MENJADI KALIMAT
Pilihlah kata tanya sebagai awal kata
pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.
Gunakan tanda tanya di akhir kalimat.
Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan contoh:
Membawa – siapa – dalam pot – tanaman
kaktus - yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus
dalam pot
Jawaban :
Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa
tanaman kaktus dalam pot.
1. Dapat – kaktus – di mana – tumbuh
Pertanyaan :
Jawaban :
2. Air – menyimpan – kaktus – di mana
pertanyaan :
Jawaban :
3. Bentuk – daun – bagaimana – kaktus
Pertanyaan:
Jawaban :
4. Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa
yang
Pertanyaan :
Jawaban :
5. kapan – menyiram – Siti – KAKTUS
Pertanyaan :
Jawaban :
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar
hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya
hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran
hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar