Materi Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Selasa, 7 Febuari 2023
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran
: 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih semangat
kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku Tujuan
Pembelajaran yang akan mempelajari tentang mengidentifikasi arah gerakan
kaki dan arah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari dengan
benar. Dengan menirukan gerakan kelinci, siswa dapat mempraktikkan gerakan kaki
dan koordinasi gerak. Dengan membaca teks tentang merawat hewan, siswa dapat
menemukan kalimat yang menggunakan nama hari. Dengan menemukan kalimat yang
menggunakan nama hari, siswa dapat menggunakan huruf kapital pada nama hari di
dalam kalimat dengan benar. Dengan mengamati alat timbang, siswa dapat
menyebutkan dan membaca ukuran berat benda. Sebagai catatan tulisan ini hanya
sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu
guru.
Kelinci Lani gemuk dan
bersih.Lani memberinya makan dengan teratur.Lani membersihkan kandang kelinci
dengan teratur.
Ayo Mengamati
Perhatikan gerakan kelinci.Apa
kah kepalanya bergerak? Bagaimana gerakan kepalanya ketika makan?
Perhatikan gerakan
kelinci ketika melompat menghampiri Lani!Apakah kakinya bergerak?Bisakah kamu
mengikuti gerakannya?
Lucu sekali gerakan kelinci.Ayo, kita tirukan gerakan kelinci
Ayo Berkreasi
Tirukan gerakan kelinci
ketika sedang melompat! Bayangkan bahwa kedua tanganmu adalah kaki depan
kelinci.
Melompatlah ke depan
sebanyak 3 kali dan ke samping kanan sebanyak 3 kali.
Apakah kamu bisa
melompat menirukan gerakan kelinci? Ciptakan kreasi gerakanmu sendiri. Kamu
boleh melompat ke depan, ke belakang, ke samping kiri, atau ke samping kanan.
Ayo, kita bergembira melompat bersama!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Setiap hari, Lani dan
ayahnya bergantian membersihkan kandang kelinci. Pada hari Senin,
Lani membersihkan kandang. Pada hari Selasa, giliran ayah
Lani membersihkan kandang. Pada hari Rabu, Lani kembali
membersihkan kandang, Siapa yang akan membersihkan kandang pada hari Kamis?
Ayo Berdiskusi
Dapatkah kamu menemukan
nama-nama hari pada bacaan di atas? Hari apa saja yang kamu temukan?Bagaimana
nama hari dituliskan dalam kalimat? Bersama dengan teman sebangkumu,
berdiskusilah dan jawablah pertanyaan di atas!
Nama-nama hari pada bacaan
di atas adalah hari Senin, hariSelasa, hari Rabu, dan hari Kamis.
Selain digunakan pada
awal kalimat, huruf besar juga digunakan ketika menuliskan nama hari.
Ayo Berlatih
Buatlah kalimat yang
menceritakan kegiatanmu dalam satu minggu! Gunakan huruf kapital pada awal
kalimat dan nama hari! Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu! Gunakan
huruf tegak bersambung!
Perhatikan contoh: Setiap
hari Senin sore, aku berlatih menari bersama guru tari
Contoh Kalimat :
1. Pada hari Senin, aku
ada kegiatan upacara bendera di sekolahku.
2. Pada hari Selasa, aku
ada kerja kelompok di rumah temanku.
3. Pada hari Rabu, aku
membantu ibuku membersihkan kamar.
4. Pada hari Kamis, aku
dan temanku bermain sepeda bersama.
5. Pada hari Jumat, aku
pergi ke rumah paman.
6. Pada hari Sabtu, aku
dan keluargaku pergi ke Mall.
7. Pada hari Minggu, aku
dan temanku bermain layang-layang.
Ayo Mengamati
Kelinci Lani suka sekali
makan wortel. Ibu dan Lani membeli wortel di warung. Perhatikan alat yang
digunakan untuk menimbang wortel. Apakah kamu pernah melihatnya?
Alat yang digunakan
menimbang wortel berupa timbangan.
Ibu dan Lani membeli 2
kg wortel. Penjual wortel meletakkan 2 biji timbangan. Berapa kg berat satu
biji timbangan?
Berat satu biji timbangan
adalah 1 kg.
Tuliskan jawabanmu pada
potongan kertas kecil! Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu! Apakah
jawaban kalian sama?
Ayo Berlatih
Pasangkan berat benda
dengan jumlah biji timbangannya.
Ayo Renungkan
Tuliskan kegiatan yang
paling kamu sukai hari ini Apakah kamu menemukan kesulitan dalam belajar? Tuliskan
kesulitanmu.
Kegiatan yang aku sukai:
Kegiatan yang aku sukai
adalah memasangkan berat benda dengan biji timbangan.
Kesulitanku:
Aku tidak menemukan
kesulitan.
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah
tentang mempelajari tentang mengidentifikasi
arah gerakan kaki dan arah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari
dengan benar. Dengan menirukan gerakan kelinci, siswa dapat mempraktikkan
gerakan kaki dan koordinasi gerak. Dengan membaca teks tentang merawat hewan,
siswa dapat menemukan kalimat yang menggunakan nama hari. Dengan menemukan
kalimat yang menggunakan nama hari, siswa dapat menggunakan huruf kapital pada
nama hari di dalam kalimat dengan benar. Dengan mengamati alat timbang, siswa
dapat menyebutkan dan membaca ukuran berat benda.
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar