Materi Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Kamis, 9 Febuari 2023
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku Tujuan
Pembelajaran yang akan mempelajari
tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting
teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika
mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak
boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menjelaskan prosedur
penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan mempraktikkan prosedur gerak
berlari sesuai irama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Lani memiliki hewan
peliharaan. Hewan peliharaan Lani adalah ayam dan kelinci. Lani merawat ayam
dan kelincinya dengan baik. Lani dibantu Ayah dalam merawat hewan
peliharaannya. Ada juga petugas kandang yang bertugas membersihkan kandang.
Ayah sering membelikan
buku tentang hewan peliharaan. Lani senang membaca buku tentang hewan peliharaan.
Lani juga senang membaca buku di perpustakaan sekolah.
Ayo Berdiskusi
Apa yang ingin kamu
ketahui dari gambar di atas? Buatlah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu
ketahui dari gambar tersebut.
Misalnya:
Bagaimana cara meminjam
buku di perpustakaan?
Tukarkan pertanyaanmu
dengan pertanyaan temanmu! Jawablah pertanyaan temanmu!
Pertanyaan : Siapa saja
yang sedang membaca buku di perpustakaan?
Jawaban : Lani dan
teman-temanya.
Pertanyaan : Mengapa buku
di perputakaan harus dikembalikan ke tempat semula?
Jawaban : Agar
perpustakaan tetap tertib dan rapi.
Pertanyaan: Apa saja
peraturan yang ada di perpustakaan?
Jawaban: Tidak boleh
bising atau bersuara keras saat diperpustakaan, karena dapat menganggu
pengunjung lain yang sedang membaca buku.
Ayo Menulis
Tanyakan tata tertib
yang berlaku di perpustakaan sekolahmu kepada petugasnya! Tuliskan tata tertib
tersebut pada lembar kertas tugas! Lakukan bersama teman kelompokmu!
Tata Tertib Di
Perpustakaan
1. Setiap pengunjung
diwajibkan mengisi buku pengunjung.
2. Pengunjung dilarang
makan dan minum di dalam perpustakaan.
3. Pengunjung wajib menjaga
ketenangan di dalam ruangan perpustakaan.
4. Pengunjung tidak
membuang sampah di sembarang tempat.
5. Buku yang telah selesai
dibaca harus dikembalikan ke tempat semula.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu
dalam mematuhi tata tertib di perpustakaan sekolah. Tuliskan ceritamu itu
menggunakan huruf tegak bersambung pada tempat yang tersedia!
Pengalaman saya dalam
mematuhi tata tertib perpustakaan sekolah adalah dengan mengembalikan buku yang
saya pinjam tepat waktu. Buku yang saya pinjam pun saya jaga baik-baik agar
tidak rusak, sobek, terkena air dan lain sebagainya. Selain itu, ketika saya
ada di dalam perpustakaan maka saya menjaga diri saya agar tidak bising dan menggangu
pengunjung lain.
Bacalah dengan suara
nyaring kalimat di bawah ini.
“Aku anak yang menaati
peraturan di sekolah”.
Ayo Membaca
Hari ini Lani mendapat
tugas bercerita di depan kelas. Lani bercerita tentang hewan peliharaannya.
Hampir semua teman Lani memperhatikan. Namun Udin dan Beni mengobrol saat Lani
bercerita. Siti dan Dayu pun mengingatkan mereka, Memperhatikan orang yang
berbicara di depan kelas adalah tanda kita menghormati orang lain.
Terdapat beberapa nama
orang pada bacaan di atas. Siapa sajakah nama dalam cerita di atas?
Jawaban: terdapat 5
orang.
1. Lani
2. Udin
3. Beni
4. Siti
5. Dayu
Selain digunakan ada awal kalimat, nama hari, dan nama bulan, huruf kapital juga digunakan ketika menuliskan nama orang
Ayo Berlatih
A. Bacalah kalimat-kalimat
berikut. Lingkari nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital.
Lingkari nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital
B. Susunlah kata-kata
berikut menjadi kalimat yang benar. Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan
nama orang. Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu. Gunakan huruf tegak
sambung.
Perhatikan contoh:
membaca – susi – cerita
– buku
Susi membaca buku
cerita.
1. ibu – mengerjakan –
lani – PR – membantu
2. datang – ke sekolah –
udin dan beni – tepat waktu
3. dayu – suka –
menyontek – tidak
4. berdiskusi – siti,
dayu, dan lani – kelas – di dalam
5. boneka – menggambar-
ibu tati – di papan tulis
Susunlah kata-kata
berikut menjadi kalimat yang benar
1. Ibu membantu
mengerjakan PR Lani.
2. Udin dan Beni datang
ke sekolah tepat waktu.
3. Dayu tidak suka
menyontek.
4. Siti, Dayu, dan Lani
berdiskusi di dalam kelas.
5. Ibu Tati menggambar
boneka di papan tulis.
Ayo Mengamati
Berlari sangat
menyenangkan dan menyehatkan. Berlari dapat dilakukan di lapangan atau tempat
bermain. Berlari di dalam kelas tidak boleh dilakukan karena berbahaya. Banyak
sekali macam gerak dalam berlari. Perhatikan gambar dan coba ikuti.
Perhatikan gerakan anak
dalam gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada
gambar diangkat? Lakukan gerakan lari di tempat seperti gambar dengan hitungan
8 kali.
Perhatikan gerakan anak
pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada
gambar terangkat? Lakukan gerakan lari di tempat dengan lutut terangkat dengan
hitungan 8 kali.
Perhatikan gerakan anak pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada gambar? Lakukan gerakan lari cepat menuju garis finish
Perhatikan gerakan anak
pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada
gambar? Lakukan gerakan lari zig-zag seperti gambar, dengan hitungan 4 kali ke
kanan dan ke kiri.
Ayo Berkreasi
Apakah kamu dapat
melakukan keempat macam gerak lari seperti pada gambar sebelumnya?Coba lakukan
macam gerakan lari secara bergantian.
1. Lari di tempat
2. Lari dengan lutut
terangkat
3. Lari cepat
4. Lari zig-zag.
5. Lakukan gerakan lari
dengan diiringi lagu.
6. Ikuti petunjuk gurumu!
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah
tentang menemukan aturan penggunaan huruf
kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan
tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan
hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan
sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan
mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar