Jumat, 22 Januari 2021

Tema 6 Subtema 3 PB 3

 

Hari / Tanggal    : Jum'at / 22 Januari 2021

Tema                   : Cita - Citaku

Subtema 3          :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

PB                       : 3

Tujuan                :

1.    Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.

2.    Melalui kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan  atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa mampu  mencari informasi tentang  karakteristik lingkungan di  provinsi tempat tinggal dan  sumber daya.

3.   Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.

4.     Melalui kegiatan membaca  puisi kembali, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

 

Bismillah...
Assalammu'alaikum wr.wb 🙏
Apa kabar anak sholih/ah hari ini?
Apa kabar dengan keimanan dan rasa semangat kita hari ini?
In syaa Allah, Allah senantiasa memberikan kita nikmat iman, sehat dan rasa semangat yg tak pernah putus. Aamiin.

Alhamdulillah,  hari ini kita berjumpa lagi di hari Jum'at ya Nak.. Jgn lupa, kita mulai dgn bismillah, menyimak tausiah, sholat dhuha, murrajaah, dan jangan lupa Al - Kahfinya Nak ☺
☺ 


Mari kita simak materi hari ini ^,^

 

Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik.  Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut.  Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi.  Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya.

 

Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

    V tekanan kata pendek sekali.

    VV tekanan kata agak pendek.

    VVV tekan kata agak panjang.

 

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama.

Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.  Lalu, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut kepada teman sebangkumu.  Mintalah pendapatnya, lalu lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

 

Sang Arsitek

Pada tahun 1955, presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno mengadakan sayembara  membuat desain maket Mesjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal.  Presiden Soekarno pun mengumumkan bahwa pemenangnya adalah seorang bernama Friederich Silaban.

Siapakah dia?

Frederich Silaban, lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912.  Ia adalah seorang lulusan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta.

Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia dapat memenangi sayembara tersebut. Dan semenjak itulah karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia. Mesjid Istiqlal merupakan mesjid terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk digunakan pada tahun 1978.  Memerlukan waktu 17 tahun untuk membuatnya!

 

Dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah, Frederich berhasil menyelesaikannya.  Karyanya diakui sebagai karya asli anak bangsa Indonesia.  Ia bahkan berhasil menyandingkan pembangunan masjid ini dengan gereja katedral di Jakarta.  Gereja katedral adalah gedung tempat para umat katolik beribadah.  Konsep persatuan dan kesatuan yang dibuat oleh Presiden Soekarno dapat diwujudkan dengan baik melalui kedua bangunan tersebut.Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuantetap kokoh berdiri, meski arsiteknya telah tiada.  Tak hanya berkaryamembuat Mesjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya.

 

Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruhIndonesia.  Bangunan tersebut antara lain adalah Gedung StadionGelora Bung Karno(Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat(Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960),Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), hingga TuguKhatulistiwa (Pontianak/1938).

 

Peta sebaran flora di Indonesia Peta di atas disebut dengan peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus.  Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buah-buahan. Sedangkan tanaman industriberupatanaman tebu, karet, kopi,teh,kelapasawit, tembakau, dankopra.

Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan. Sedangkan sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar danhewan ternak.  Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan.  Hewan liar tersebut antara lain: harimau, kera, orang utan,  gajah, badak, banteng, anoa, dan sebagainya.

Sedangkan hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.  Hewan ternak antara lain: ayam, itik, sapi, udang, domba, dan masih banyak lagi.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...