Rabu, 27 Januari 2021

Tema 6 Subtema 1 PB 6

 

Hari / Tanggal    : Rabu / 27 Januari 2021

Tema                   : Cita - Citaku

Subtema 3          :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

PB                       :  6

Tujuan                :

1.     Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat

2.     Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

.

 

Bismillah...
Assalammu'alaikum wr.wb 🙏
Apa kabar anak sholih/ah hari ini?
Apa kabar dengan keimanan dan rasa semangat kita hari ini?
In syaa Allah, Allah senantiasa memberikan kita nikmat iman, sehat dan rasa semangat yg tak pernah putus. Aamiin.

Alhamdulillah,  hari ini kita berjumpa lagi ya Nak.. Jgn lupa, kita mulai dgn bismillah, menyimak tausiah, sholat dhuha, dan murrajaah ya Nak ☺
☺ 


Mari kita simak materi hari ini ^,^


 

Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia

untuk Ajang Internasional

Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya tidak dipenuhi ibunya.  Sang anak sangat ingin memiliki harmonika mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya agar dia segera berhenti menangis.

Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di rumah setiap hari.  Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi. 

Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi.

Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.

 

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.         Bakat apakah yang dimiliki Canho?

2.         Bagaimana usahanya untuk mencapai cita-citanya?

2.         Prestasi apa saja yang telah diraih Canho?

3.         Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-katamu sendiri! 

 

Pilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk dideklamasikan.

Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!

1.         Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.

2.     Pelajari puisi tersebut dengan seksama untuk memahami isi puisi.  Tuliskan  isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.

3.         Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.

4.         Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan tekanan. 

5.         Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan makna.

6.         Hafalkan puisi baris per baris.

7.         Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan tekanannya tepat.

8.         Pastikan ekspresi wajahmu tepat pada saat mendeklamasikan puisi.

9.         Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.

 

 

Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior.

Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekpresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita.  Selain seni sastra, seni  rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.

Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase.

Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong

atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan benda-benda itu , antara lain: kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan  tempelan-tempelan yang berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.

 

Langkah-langkah membuat mozaik

1.       Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.

a.         Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian

b.         Lem

c.          Pensil

d.         Penghapus

e.         Kertas gambar A4

f.          Gunting/pelubang kertas

2.       Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengankeinginan kita

3.      Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkanpotongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, sepertijarum atau benda runcing lainnya.

 

 

Alhamdulillah, hari ini terakhir pembelajaran di Tema 6 Subtema 3 ya Nak... Untuk mengetahui pemahaman kalian pada materi di Subtema 3 ini, silahkan anak sholih/ah mengerjakan latihan yang ada di buku LKS Cerdas Halamaan 17 - 18 untuk bagian 1. Silahkan anak-anak input jawaban yang kalian anggap benar pada googleform berikut ya Nak ^,^ 


Latihan di LKS Cerdas Tema 6 Subtema 3

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...