Kamis, 19 November 2020

Tema 5 Subtema 1 PB 6

 

Subtema 1          :  Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran    :  6 (Enam)

Hari / Tanggal   :  Kamis / 19 November 2020

Link                    :  https://www.youtube.com/watch?v=IH4_7jOT8sM

 

Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Apa kabar anak sholeh/ah? In syaa Allah, semoga senantiasa Allah selalu memberikan kita nikmat iman dan sehat dalam mencari ilmu dunia wal akhirat. Aamiin.

Sebelum kita memulai pembelajaran hari ini, seperti biasa, silahkan kalian simak tausiah dari  Umi Ai, ya Nak.. Selanjutnya, silahkan pembiasaan melaksanakan sholat dhuha disambung dengan murrajaah surat-surat pendek, dan setelah itu jangan lupa untuk membantu Orangtua di rumah ya Nak.

Baiklah, sebelum menyimak materi hari ini, silahkan kalian berdoa sebelum belajar. Kemudian, silahkan silahkan kalian isi absen dalam form berikut ya Nak.... ^,^  https://forms.gle/DGLRaR1D4HKK7kki8

SEMANGAT!!!! \^,^/

 

BAHASA INDONESIA 

Materi Ajar

Wilayah Indonesia terdiri dari beberapa pulau. Setiap pulau didiami oleh masyarakatdari berbagai suku bangsa. Meskipun demikian, setiap suku bangsa saling menghormati dan menghargai perbedaan adat dan budaya sehingga tetap terjalin keharmonisan dalamkehidupan berbangsa dan bernegara.

Di wilayah Nusantara, selain terdapat kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, berkembangjuga kerajaan Islam. Salah satu kerajaan Islam di Nusantara adalah Kesultanan Yogyakarta. Salahsatu tokoh yang berperan dalam kejayaan Kesultanan Yogyakarta adalah PangeranDiponegoro.

a.    Apakah kalian pernah mendengar nama Pangeran Diponegoro?

b.    Apa yang kalian ketahui tentang Pangeran Diponegoro?

c.     Carilah informasi tentang teks Pangeran Diponegorodi internet!

 

Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!

Berdasarkan cerita tentang perjuangan Pangeran Diponegoro yang telah kalian baca tersebut, buatlah peta pikiran sejarahperjuanganPangeranDiponegoro!

Dari masa kelahiran, masa remaja n masa dewasa kisah hidupnya


 

PKn

Materi Ajar

Sikap Kepahlawanan

Sikap kepahlawanan memiliki nilai-nilai untuk diteladani. Pengamalan sila pada Pancasila juga dapat tercermin dari sikap kepahlawanan. Contoh sikap kepahlawanan misalnya : Jujur,tekun, cinta tanah air, pantang menyerah, displin, rela berkorban dan kerjakeras.

Pangeran Diponegoro adalah pahlawan Nasional yang memiliki sifat terpuji. Meskipun berasal dari golongan bangsawan, tetapi ia bergaul tanpa membedakan kedudukan. Ia mau berteman dengan siapa pun. Ia juga sosok pahlawan yang tidak silau dengan harta dunia (kekayaan). Ia memilih hidup sebagai rakyat biasa, daripada menjadi raja menggantikan takhta ayahnya.

a.    Apa yang dapat kalian teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro?

b.    Menurut kalian, apakah sikap Pangeran Diponegoro tersebut mencerminkan nilai-nilai dalam Pancasila? Jika ya, sila berapa yang mencerminkan sikap mulia Pangeran Diponegoro tersebut? Bagaimana bunyi sila tersebut?

c.     Apakah sifat dan perilaku Pangeran Diponegoro tersebut dapat diteladani oleh anak-anak dan generasi muda saat ini? Berikan alasan kalian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...