MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal
: Senin, 23 Oktober 2023
Tema 3
: Tugasku
Sehari-hari
Subtema
4
: Tugasku dalam
Kehidupan Sosial
Pembelajaran
: 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
Minggu lalu anak-anak telah menyelesaikan Penilaian Tengah Semester Ganjil ya
Nak…
Dan
hari ini, kita akan melanjutkan pembelajaran di Tema 3 Subtema ke-4.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2.
Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa mampu mengamati
gambar dan memahami isi teks berkaitan kehidupan
social, mampu menemukan kosa kata berkaitan
kehidupan social, mampu
menghitung nilai sekelompok pecahan uang, mampu menaksir
harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara, dan
memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!
Siswa
kelas 2 rajin belajar.
Mereka
sering belajar kelompok.
Ibu
guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.
Semua
siswa menghormati guru. Semua guru menyayangi siswa.
Selama
kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja
sama.Menghormati
guru dan menyayangi teman adalah
tugas siswa.
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang siswa dan
siswi sedang belajar dalam kerja kelompok dan guru membimbingnya.
Oke
nak sekarang,
silahkan anak-anak mengamati
dan menyimak cerita bermain peran bawah ini!
Bacalah
teks drama berikut dengan saksama!
Si Ulat & Si Semut
Oleh: Agung Hastomo
(Suatu
ketika, Si Ulat menemukan buah apel manis
di
ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si
Ulat : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti
rasanya manis, coba aaahh … Si Ulat
bersiap menyantap apel itu…)
Si
Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini milikku,
aku yang lebih dulu menemukannya.
Jadi, aku yang berhak memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku
untuk mengusirmu!
Si
Ulat : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup
untuk kita makan berdua.
Si
Semut : Tidak bisa! Apel ini milikku!
Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu
memakannya!
Pergi sana! Cari apel yang lain!
Si
Ulat :
Apa kamu bilang? Sini kalau berani!
Si
Semut : Siapa takut!
Si
Ulat :
Rasakan gatalnya bulu-buluku nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit,
tiba-tiba mereka kaget.)
Si
Anak :
Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan Si Ulat
berhenti berkelahi, mereka
saling
memandang.)
Si
Semut : Ada juga yang mau makan apel
ini.
Si
Ulat :
Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!
Si
Semut dan Si Ulat : (diam … berpikir).
Si
Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?
Si
Ulat : Baiklah, aku setuju ide itu!
(Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi.
Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)
Si
Anak :
Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)
Si
Semut dan Si Ulat : Ha ... ha ... . Ini
gunanya berteman! Yuk, kita makan apel
ini bersamasama.
Bacalah percakapan di atas dengan beberapa
temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut
serta seorang siswa sebagai narator!
Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah
pertanyaan berikut!
1. Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?
2. Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja
sama?
3. Apakah akibat dari bersikap sombong
kepada teman?
4. Apakah akibat sikap serakah kepada teman?
5. Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa
bantuan teman?
Ibu
guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama.
Kita
tidak dapat hidup sendiri.
Semua
orang membutuhkan orang lain.
Manusia
adalah makhluk sosial.
Hari
ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok.
Setiap
kelompok harus bekerja sama.
Tugasnya
adalah membuat prakarya dengan bahan alami.
Sebelum
membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan.
Bahan-bahan
yang digunakan adalah biji-bijian.
Okay
apakah ada yang ingin bertanya setelah kalian melakukan pengamatan dan membaca
isi teks?
Baik
selanjutnya ibu yang ingin bertanya...
Apasaja yang dibeli siti dan teman-temanya, pinter..
berapakah harga dari kacang tanah..?
mashaAllah anak-anak ibu guru pinter.
Selain
membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya.
Berikut bahan-bahan lainnya!
Apakah sudah selesai nak...
Godjob masha allah pinter!
Okey sekarang kita akan belajar membuat kreasi , kita akan membuat dan
menghias bingkai foto dari biji-bijian.
Silahkan kalian siapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan.
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!
Hari
ini, semua anak bergembira.
Mereka
diajak pak guru bermain bola.
Pak
guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
Kelompok
putra dan kelompok putri.
Setiap
kelompok memiliki jumlah anggota sama.
Masing-masing
kelompok berlomba bermain
menendang,
menangkap, dan melempar bola.
Mereka
harus bekerja sama dalam kelompoknya.
Kelompok
yang paling cepat adalah pemenangnya.
Sebelum
bermain, semua siswa melakukan
pemanasan.
Gerakan pemanasan dilakukan dari
kepala sampai kaki.
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar siswa dan siswi
berolahraga melakukan gearakan menendang dan menangkap bola.
Oke
nak sekarang, kalian
belajar mengenai kata sinonim atau persamaan kata
Kata
sinonim yaitu suatu kata yang memiliki arti atau makna yang sama tetapi huruf
dan kata yang berbeda. Contohnya seperti
Bertemu = Berjumpa Hewan = Binatang Bohong = Dusta Senang = Bahagia dan Pintar = Pandai.
Paham
nak....
Oke
sekarang kalian berlatih mengerjakan soal di bawah!
Suatu permainan atau game dapat dikatakan menang jika dia
memenuhi peraturan dari suatu permainan tersebut. Contohnya seperti permainan
bola sepak. Peraturan mainnya yaitu siapa yang bisa memasukan bola ke dalam
gawang lawan sebanyak-banyaknya itulah pemenangnya. Dan kebalikanya jika dia
tidak bisa memasukan bola maka di katakan dia kalah. Sebelum melakukan
permainan maka akan dibentuk grup atau kelompok permainan terlebih dahalu. Oke
sekarang ibu minta kalian mengelompokkan teman-teman yang putra dan putri jadi
beberapa kelompok.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar