MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal : Senin, 02 Oktober 2023
Tema 3
: Tugasku
Sehari-hari
Subtema
2
: Tugasku
Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran
: 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema ketiga di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 3
mengenai Tugasku Sehari-hari.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3. Dimana,
pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa mampu memahami
isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan dan
mengartikan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, dapat membedakan individu berdasarkan warna
kegemaran di sekolah, serta dapat menyebutkan nilai pecahan uang kertas yang
setara.
Baik, sekarang silahkan
anak-anak menyimak gambar dan cerita
di bawah ini!
Menabung di Sekolah
Siswa dapat menabungkan uangnya di sekolah.
Setiap siswa mendapatkan buku tabungan.
Uang tabungan siswa tersimpan aman oleh ibu
guru di sekolah.
Uang tabungan dapat diambil setiap saat.
Hari ini, Siti menabung di sekolah.
Setiap hari, Siti mendapat uang saku.
Uang tersebut selalu dihemat.
Jika ada sisa, uang saku Siti ditabung.
Siti ingin menggunakan uang tabungan untuk
membeli buku dan tas.
Siti adalah siswa yang gemar menabung.
Dari cerita di atas, coba kalian
jawab bersama teman kelompok atau sebangku kalian mengenai beberapa pertanyaan
di bawah ini!
1.
Setiap
hari, Siti mendapat ….
2.
Hari ini,
Siti … di sekolah.
3.
Siti ingin
membeli … dan … dari uang tabungannya.
4.
Setiap
siswa mendapat buku ….
5.
Siti selalu
… uang sakunya.
Dari cerita di atas, di dapatkan
informasi tambahan bahwa Siti menabung 2 lembar uang seribuan. Nilai uang Siti
adalah Rp. 2.000,00.
Seperti hari kemarin, hari ini
kalian masih mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang.
Silahkan anak-anak amati tabel di bawah ini ya!
Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang
Apakah anak-anak sudah lebih
paham mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang?
Jika sudah, silahkan anak-anak berlatih soal-soal di bawah ini, agar lebih
memahami materi tersebut!
Tentukan nilai pecahan uang berikut!
Pasangkan kelompok nilai uang berikut yang bernilai sama!
Siti ingin membeli tas dari uang
tabungannya.
Tas sekolah banyak pilihan
warnanya.
Siti meminta teman-temannya
memilih warna yang bagus.
Ternyata, setiap anak memiliki
warna kesukaan yang berbeda.
•
Siswa yang
memilih warna kuning ada 8 anak.
•
Siswa yang
memilih warna merah ada 5 anak.
•
Siswa yang
memilih warna hijau ada 10 anak.
•
Siswa yang
memilih warna hitam ada 7 anak.
Gambar berikut menunjukkan
jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Nah, sekarang anak-anak silahkan
bertanya kepada teman satu sama lainnya, mengenai warna kesukaan teman-temanmu.
Kemudian, kalian tulis hasilnya
dalam tabel di bawah ini!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar