MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal
: Selasa, 03 Oktober 2023
Tema 3
: Tugasku
Sehari-hari
Subtema
2
: Tugasku
Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran
: 4
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema ketiga di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 3
mengenai Tugasku Sehari-hari.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 4 Dimana,
pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan
dan memaknai kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal
daerahnya, serta dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
Baik, sekarang silahkan
anak-anak menyimak gambar dan cerita
di bawah ini!
Bermain Tebak-tebakan
Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu
uang.
Siswa membentuk kelompok secara berpasangan.
Mereka melakukan tebak-tebakan.
Edo mengangkat beberapa kartu.
Beni menjawab, "dua ribu rupiah."
Semua siswa asyik belajar dengan bermain.
Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan
tugas.
Semua saling membantu teman.
Membantu teman merupakan tugas siswa.
Naahh.. sekarang, silahkan
anak-anak bersama teman sebangkumu berlatih
dan beraktivitas melakukan tebak-tebak dari kartu nominal mata uang yang
akan Ibu guru bagikan ya…
Tebaklah, nominal mata uang yang
ada di kartu yang akan ditunjukkan oleh teman sebangkumu. Lakukan secara
bergantian, agar kalian memahami bermacam nominal mata uang.
Bagaimana? Seru bukan bermain
tebak-tebakan? ^,^
Sekarang, mari kita bersama-sama
membuat kalimat dari kata di bawah ini!
Ibu guru akan memilih dari
beberapa di antara kalian untuk mencoba bergantian
membuat kalimatnya.
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
membantu
......................................................................................
bermain
......................................................................................
kartu uang
......................................................................................
kelompok
......................................................................................
Masya Allah… anak-anak ibu guru
pinter-pinter semua. Sudah pandai membuat kalimat dari kata yang telah di
tentukan.
Goodjob Nak! (apresiasi)
Nahh.. sekarang secara
bergantian dengan kelompok kalian berdiskusi
tentang bagaimana bersikap terhadap teman yang memiliki suku atau asal daerah
berbeda, seperti yang ada pada gambar di bawah ini!
Ibu guru membentuk kelompok secara
berpasangan.
Setiap anggota memiliki suku
atau asal daerah berbeda.
Siti berpasangan dengan Dayu.
Beni berpasangan dengan Edo
Coba kamu cari tahu dari mana asal daerah teman-teman
kalian. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam tabel di bawah ini!
Dan, silahkan bersama teman
sekelompok kalian, untuk berlatih menyelesaiakan
latihan di bawah ini!
Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai
sama!
Apakah sudah selesai?
Jika sudah, mari kita bahas
bersama-sama mengenai hasil diskusi anak-anak!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar