MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 26
September 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema
2 : Tugasku
Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran :
1
PEMBUKAAN (10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan
sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah
subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk
belajar hari ini?
Jika sudah siap,
mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Satu minggu ini
kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 2. Apakah anak-anak masii ingat
tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu? (apersepsi)
Iyaaaa pinter,
minggu yang lalu kalian telah belajar mengenai pecahan mata uang baik dalam
bentuk logam ataupun uang kertas ya Nak. Dimana, uang logam ada yang bernominal
Rp. 100,00, Rp. 200,00, Rp. 500,00, Rp. 1.000,00. Sedangkan pecahan uang dalam
bentuk kertas bernominal Rp. 1.000,00, Rp. 2.000,00, Rp. 5.000,00, Rp. 10.000,00,
Rp. 20.000,00, Rp. 50.000,00, Rp. 75.000,00 dan Rp. 100.000,00.
Kalian juga sudah
belajar mengenai cara membaca denah tempat tinggal seseorang, serta kalian
sudah memahami mengenai tugas anak-anak jika belajar di rumah ya….
Naahh, hari ini kita akan melanjutkan pembalajaran berikutnya.
Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa memahami isi teks dan kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah
serta kalian dapat menemukan artinya. Dan juga Ibu guru harapkan, kalian dapat
menghitung nilai sekelompok pecahan mata uangMelalui teks “Uang Saku”
pada pembelajaran 1 yang disajikan, siswa mampu menghitung nilai sekelompok
pecahan uang dan dapat melakukan gerak tari.
Apakah
anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah siap,
yuukk kita tepuk semangat terlebih
dahulu.
INTI (50
menit)
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan
gambar situasi atau keadaan suatu sekolah di pagi hari. Dimana, terlihat
anak-anak berjalan menuju gerbang sekolah.
Sekarang, silahkan anak-anak menyimak cerita di bawah ini!
Hari
ini adalah hari Senin.
Edo
dan teman-temannya tiba di sekolah lebih awal.
Mereka
suka ria memasuki sekolah.
Sekolah
mereka terletak di lingkungan yang bersih dan nyaman.
Di
sebelah kanan dan kiri sekolah terdapat sawah.
Sekolah
Edo beralamat di Jalan Nusantara nomor 10.
Setiap
hari senin, di sekolah diadakan upacara bendera.
Edo
dan teman-temannya mengikuti upacara dengan tertib.
Upacara
berlangsung dengan tenang.
Pembina
upacara menyampaikan pengarahan.
Pengarahan
berisi tentang pesan-pesan mengenal lingkungan sekolah.
Jika
kita mengenal lingkungan sekolah, kita akan dapat menjaganya.
Semua
siswa bertugas menjaga dan merawat sekolah.
Kemudian, silahkan anak-anak mengamati kembali gambar dan cerita di
bawah ini ya!
Nah, gambar tersebut merupakan gambar denah SDN
Nusantara 01.
Cerita di bawah ini, merupakan penjelasan dari
denah di atas. Silahkan anak-anak simak ya, apa yang akan dibacakan oleh
temanmu.
Sekolah Dasar Negeri Nusantara 01
SD
Nusantara 01 terletak di Jalan Nusantara Nomor 10.
Sebelah
kanan dan kiri sekolah terdapat sawah.
Di
depan sekolah terdapat rumah warga, toko, dan tempat fotokopi.
Jarak
tempuh dari kota ke sekolah sekitar lima kilometer.
Beberapa
siswa berangkat ke sekolah diantar orang tuanya.
Beberapa
siswa berjalan kaki.
Ada
juga siswa yang berangkat naik angkutan umum.
Jalan
Nusantara dilalui angkutan umum.
Apakah anak-anak sudah membayangkan letak
sekolah SDN Nusantara 01?
Dan apakah anak-anak sudah bisa membayangkan,
letak lokasi sekolah kita jika dari rumah kalian masing-masing?
Jika sudah bisa memahami, yuukk kita berlatih mengenai denah sekolah SDN
Nusantara 01 di bawah ini!
Jawablah
pertanyaan di bawah dengan denah dan teks bacaan tersebut!
1.
SDN
Nusantara 01 terletak di jalan ….
2.
Di samping
kanan dan kiri SDN Nusantara 01 terdapat ….
3.
Di
seberang SDN Nusantara 01 terdapat ….
4.
Tempat
yang terletak di antara rumah warga dan Puskesmas adalah ….
5.
Tempat
yang terletak di antara rumah warga dan Balai Kelurahan adalah ….
6.
Jarak
antara SDN Nusantara 01 dengan kota adalah ….
7.
Siswa
berangkat ke sekolah dengan ….
8.
Sebutkan
tempat antara fotokopi dan Puskesmas!
9.
Sebutkan
nama tempat antara Balai Kelurahan dan Puskesmas!
10.
Sebutkan
nama tempat dua bangunan sebelah kanan Puskesmas!
Apakah anak-anak sudah selesai?
Jika sudah selesai, silahkan salah satu dari
kalian untuk membacakan cerita di
bawah ini ya Nak!
Uang Saku
Setiap
hari, Siti mendapat uang saku.
Uang
saku dapat digunakan untuk membeli makanan atau minuman di sekolah.
Jika
membawa bekal, uang saku Siti ditabung.
Setelah
kegiatan upacara, Siti merasa kehausan.
Siti
dan teman-teman membeli minuman di kantin sekolah.
Uang
saku setiap siswa berbeda.
Siti,
Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.
Nah, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar ilustrasi uang saku
SIti, Dayu dan Beni di bawah ini!
Dari gambar tersebut, siapakah yang bisa
menyebutkan uang saku masing-masing dari Siti, Dayu dan Beni?
Sekarang, mari kita bersama-sama menghitung
uang saku Siti, Dayu dan Beni!
Uang Siti, Dayu, dan Beni bernilai sama, yaitu
Rp. 2.000,00. Meskipun dengan sekelompok pecahan mata uang yang berbeda-beda.
Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang
Apakah anak-anak sudah memahami mengenai
kesetraan nilai kelompok pecahan mata uang? Jika sudah, yuukk sekarang silahkan
anak-anak berlatih kembali untuk
mengetahui sejauh mana kalian memahami materi tersebut.
Pasangkan
kelompok uang logam berikut yang bernilai sama!
Apakah sudah selesai? Goodjob!
Sekarang, kita akan melanjutkan materi
selanjutnya ya Nak.
Mari perhatikan dan amati!
Di
sekolah Siti terdapat kebun.
Kebun
itu ditanami berbagai sayuran.
Di
sana terlihat tukang kebun sedang mencangkul.
Gerak Dasar Tari
Yuukkk, silahkan anak-anak berdiri di samping
kursi nya. Kita akan mengikuti atau meniru
gerakan-gerakan yang dicontohkan gambar tersebut. Lakukan dengan semangat
ya Nak ^,^
PENUTUP (10
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai
denah suatu sekolah, kesetraan nilai kelompok pecahan mata uang, dan juga gerak
dasar suatu tarian.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar