MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 28
September 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema
2 : Tugasku
Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran :
3
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?
Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru
dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.
Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran
hari ini ya Nak?
Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin
semangat tepuk semangat terlebih
dahulu ya…
Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin
doa? Silahkan!
Baik, apakah anak-anak masih ingat, materi yang
telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)
Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai
permainan Kendhi Gerl, dan juga kalian sudah memahami mengenai perbedaan jenis
kelamin laki-laki dan juga perempuan.
Sekarang,
kita akan melanjutkan pembelajaran hari ini! Dengan tujuan, nantinya kalian dapat memahami isi
teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan dan mengartikan kosakata
berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, dapat membedakan individu berdasarkan warna
kegemaran di sekolah, serta dapat menyebutkan nilai pecahan uang kertas yang
setara.
INTI (50
menit)
Baik, sekarang silahkan anak-anak
menyimak gambar dan cerita di bawah
ini!
Menabung di Sekolah
Siswa dapat menabungkan uangnya di sekolah.
Setiap siswa mendapatkan buku tabungan.
Uang tabungan siswa tersimpan aman oleh ibu
guru di sekolah.
Uang tabungan dapat diambil setiap saat.
Hari ini, Siti menabung di sekolah.
Setiap hari, Siti mendapat uang saku.
Uang tersebut selalu dihemat.
Jika ada sisa, uang saku Siti ditabung.
Siti ingin menggunakan uang tabungan untuk
membeli buku dan tas.
Siti adalah siswa yang gemar menabung.
Dari cerita di atas, coba kalian
jawab bersama teman kelompok atau sebangku kalian mengenai beberapa pertanyaan
di bawah ini!
1.
Setiap
hari, Siti mendapat ….
2.
Hari ini,
Siti … di sekolah.
3.
Siti ingin
membeli … dan … dari uang tabungannya.
4.
Setiap
siswa mendapat buku ….
5.
Siti
selalu … uang sakunya.
Dari cerita di atas, di dapatkan
informasi tambahan bahwa Siti menabung 2 lembar uang seribuan. Nilai uang Siti
adalah Rp. 2.000,00.
Seperti hari kemarin, hari ini
kalian masih mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang.
Silahkan anak-anak amati tabel di bawah ini ya!
Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang
Apakah anak-anak sudah lebih
paham mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang?
Jika sudah, silahkan anak-anak berlatih soal-soal di bawah ini, agar
lebih memahami materi tersebut!
Tentukan nilai pecahan uang berikut!
Pasangkan kelompok nilai uang berikut yang bernilai sama!
Siti ingin membeli tas dari uang
tabungannya.
Tas sekolah banyak pilihan
warnanya.
Siti meminta teman-temannya
memilih warna yang bagus.
Ternyata, setiap anak memiliki
warna kesukaan yang berbeda.
•
Siswa yang
memilih warna kuning ada 8 anak.
•
Siswa yang
memilih warna merah ada 5 anak.
•
Siswa yang
memilih warna hijau ada 10 anak.
•
Siswa yang
memilih warna hitam ada 7 anak.
Gambar berikut menunjukkan
jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Nah, sekarang anak-anak silahkan
bertanya kepada teman satu sama lainnya, mengenai warna kesukaan teman-temanmu.
Kemudian, kalian tulis hasilnya
dalam tabel di bawah ini!
Apakah sudah selesai?
Jika sudah, warna apa saja yang
disukai oleh teman-teman kalian?
Baik, berarti dalam kelas ini
kita menemukan kesukaan warna yang berbeda-beda? Kemudian, apa yang harus
kalian lakukan jika bertemu atau bernain bersama teman yang berbeda warna?
Iya benar, kita harus saling
menghormati satu dan lain. Dengan adanya perbedaan, bukan berarti kita harus
bermusuhan, namun kita harus bersyukur akan adanya perbedaan tersebut yang akan
melengkapi satu dengan lain.
Ingat! Pelangi tidak akan indah,
jika hanya terdiri dari satu warnaa. Pelangi terlihat Indah, karena adanya
beberpa perbedaan warna yang bersatu sehingga menghasilkan bentuk yang indah.
Begitupun dengan kalian, yang harus tetap bersatu, saling menghirmati dan menghargai
dalam perbedaan ya..
PENUTUP (10
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai
penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga suda
mengetahu warna kesukaan masing-masing teman kalian di kelas ini. Sehingga,
kalian harus lebih bersyukur, saling melengkapi, mengehormati serta menghargai
akan perbedaan warna itu agar kehidupan menjadi indah layaknya pelangi.
Hasil yang baik untuk pelajaran hari ini.
Goodjob Kids! (apresiasi)
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik
di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar