MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 29
September 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema
2 : Tugasku
Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran :
4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?
Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru
dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.
Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran
hari ini ya Nak?
Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin semangat
tepuk semangat terlebih dahulu ya…
Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin
doa? Silahkan!
Baik, apakah anak-anak masih ingat, materi yang
telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)
Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai penyetaraan
nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga suda mengetahu warna
kesukaan masing-masing teman kalian di kelas ini. Sehingga, kalian harus lebih
bersyukur, saling melengkapi, mengehormati serta menghargai akan perbedaan
warna itu.
Sekarang,
kita akan melanjutkan pembelajaran hari ini! Dengan tujuan, nantinya kalian dapat memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan
dan memaknai kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal
daerahnya, serta dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
INTI (50
menit)
Baik, sekarang silahkan
anak-anak menyimak gambar dan cerita
di bawah ini!
Bermain Tebak-tebakan
Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu
uang.
Siswa membentuk kelompok secara berpasangan.
Mereka melakukan tebak-tebakan.
Edo mengangkat beberapa kartu.
Beni menjawab, "dua ribu rupiah."
Semua siswa asyik belajar dengan bermain.
Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan tugas.
Semua saling membantu teman.
Membantu teman merupakan tugas siswa.
Naahh.. sekarang, silahkan
anak-anak bersama teman sebangkumu berlatih
dan beraktivitas melakukan tebak-tebak dari kartu nominal mata uang yang
akan Ibu guru bagikan ya…
Tebaklah, nominal mata uang yang
ada di kartu yang akan ditunjukkan oleh teman sebangkumu. Lakukan secara
bergantian, agar kalian memahami bermacam nominal mata uang.
Bagaimana? Seru bukan bermain
tebak-tebakan? ^,^
Sekarang, mari kita bersama-sama
membuat kalimat dari kata di bawah ini!
Ibu guru akan memilih dari
beberapa di antara kalian untuk mencoba bergantian
membuat kalimatnya.
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
membantu
......................................................................................
bermain
......................................................................................
kartu uang
......................................................................................
kelompok
......................................................................................
Masya Allah… anak-anak ibu guru
pinter-pinter semua. Sudah pandai membuat kalimat dari kata yang telah di
tentukan.
Goodjob Nak! (apresiasi)
Nahh.. sekarang secara
bergantian dengan kelompok kalian berdiskusi
tentang bagaimana bersikap terhadap teman yang memiliki suku atau asal daerah
berbeda, seperti yang ada pada gambar di bawah ini!
Ibu guru membentuk kelompok
secara berpasangan.
Setiap anggota memiliki suku
atau asal daerah berbeda.
Siti berpasangan dengan Dayu.
Beni berpasangan dengan Edo.
Coba kamu cari tahu dari mana asal daerah teman-teman
kalian. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam tabel di bawah ini!
Dan, silahkan bersama teman
sekelompok kalian, untuk berlatih menyelesaiakan
latihan di bawah ini!
Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai
sama!
Apakah sudah selesai?
Jika sudah, mari kita bahas
bersama-sama mengenai hasil diskusi anak-anak!
PENUTUP (10
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah
mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai
penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga dapat
membuat kalimat dari kata yang ditentukan. Anak-anak juga sudah melajar
mengenai perbedaan suku bangsa dari teman-teman kalian di kelas ini. Seperti
halnya perbedaan warna kemarin, kalian juga harus saling menghormati,
menghargai dengan adanya perbedaan. Terutama perbedaan suku bangsa ini.
Paham ya?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar