MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN SENI RUPA
Hari / Tanggal : Rabu / 14 Mei 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bilangan
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan,
dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
Peserta didik dapat :
2. Memahami bilangan 2.000.
Pe
Bilangan 10.000
Bilangan adalah suatu konsep matematika
yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan
untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan 10.000
adalah angka yang dibaca "sepuluh ribu". Angka ini
merupakan bilangan asli setelah 9.999 dan sebelum 10.001
·
Bilangan 10.000 merupakan bilangan
cacah yang terdiri dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
·
Bilangan 10.000 memiliki empat nol.
·
Dalam notasi ilmiah, 10.000 ditulis
sebagai 1 x 10^4.
·
Angka besar (kelipatan sepuluh)
selalu menambahkan angka nol pada angka berikutnya.
·
Bilangan adalah konsep matematika
yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.
·
Simbol atau lambang yang digunakan
untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilanga
Cara
membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika
bilangan ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ribuan, kemudian ratusan,
puluhan, dan akhirnya satuan.
Cara membaca bilangan puluhan
43
dibaca "empat puluh tiga
52
dibaca "lima puluh dua"
Cara
membaca bilangan ratusan
133
dibaca "seratus tiga puluh tiga"
205
dibaca "dua ratus lima"
Untuk
bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata
"ratus" di akhir.
100
dibaca "seratus"
200
dibaca "dua ratus”
Cara
membaca bilangan ribuan
2.135
dibaca "dua ribu seratus tiga puluh lima"
7.012
dibaca "tujuh ribu dua belas"
Untuk
bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata
"ribu" di akhir.
1.000
dibaca "seribu"
2.000
dibaca "dua ribu”
CP :
Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya membentuk dan memotong. Peserta didik mampu mengekspresikan pengalaman estetis dalam bentuk karya seni tiga dimensi.
TP :
- Siswa dapat mengenali konsep karya seni tiga dimensi dengan baik.
- Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan karya seni tiga dimensi.
A.Apa itu karya seni tiga dimensi?
Karya seni tiga dimensi sering disebut dengan karya seni 3D.
Karya seni yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi.
Karya tersebut dapat dilihat dari segala arah.
Membuat patung sederhana
dapat berasal dari bahan yang tersedia.
Menerapkan apa yang diketahuinya mengenai bentuk, tekstur atau pola.
Karya seni tiga dimensi tidak terbatas pada sisi panjang dan lebar saja.
Namun, juga terdapat tinggi.
Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi.
Apa fungsi karya seni tiga dimensi?
Karya seni tiga dimensi memiliki nilai estetik.
Karya seni tiga dimensi memiliki volume dan ruang.
Ada beberapa contoh karya seni tiga dimensi.
Ada patung, keramik, arca, dan guci.
B.Sejarah Seni Karya Tiga Dimensi
Pernahkah kalian mendengar kata tembikar?
Tembikar sebagai karya tiga dimensi.
Bagaimana sejarah dari tembikar sebagai seni karya tiga dimensi itu?
Tembikar merupakan benda sintetik pertama yang diciptakan oleh manusia.
Tembikar merupakan tanah liat yang dibentuk.
Kemudian menjadi sebuah benda dengan cara dikeringkan atau dibakar.
Tujuannya agar bentuknya tetap.
Umumnya tembikar memiliki daya tahan, yang tinggi dan tahan lama.
Tembikar sangat umum ditemukan pada penggalian di situs-situs arkeologis.
Hal ini menunjukkan bahwa tembikar termasuk bagian dari sejarah kebudayaan dunia.
Tembikar tertua berasal dari Hunan, Cina.
Tembikar bisa ditemukan di berbagai kebudayaan dunia.
Karena tanah liat materialnya sangat berlimpah.
Selain itu, tanah liat juga mudah diolah.
Di Indonesia, tembikar tertua ditemukan di situs arkeologi di Melolo, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
Tembikar tersebut menunjukkan dekorasi sederhana.
Baik berupa titik, garis, belah ketupat, lingkaran, dan bahkan wajah manusia.
Selain itu, tembikar ditemukan
di beberapa situs arkeologi, seperti berikut.
1. Kadenglebu.
2. Banyuwangi (Jawa Timur).
3. Kalapadua.
4. Bogor (Jawa Barat).
5. Serpong, Tangerang (Banten).
6. Kalumpang (Sulawesi Barat).
7. Minanga Sepakka (Sulawesi Utara).
8. Poso (Sulawesi Tengah).
Tembikar dapat digunakan untuk membuat perabot sehari-hari.
Tembikar juga digunakan untuk pembuatan patung dan benda dekoratif.
C.Ciri-Ciri Karya Tiga Dimensi
Karya tiga dimensi ini sebagai salah karya yang unik.
Tekstur karyanya dapat dirasakan.
Ada beberapa ciri-ciri karya tiga dimensi ini.
Apa saja ciri-ciri karya tiga dimensi ini?
Berikut ini ciri-ciri karya tiga dimensi, yaitu:
1. Memiliki Panjang, Lebar, dan Tinggi Karya tiga dimensi memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
Ukuran karya tiga dimensi sesuai kebutuhan.
Memiliki panjang yang bervariasi.
Dengan lebar yang sesuai dengan panjang.
Serta tinggi pada model yang dapat di tempatkan.
2. Memiliki Tiga Dimensi
Dimensi yang dimaksud adalah panjang, lebar, dan tinggi.
Tidak semua karya seni rupa memiliki dimensi.
Berbeda dengan karya dua dimensi.
Namun, memiliki dimensi dari tiga arah.
3. Terdapat Sisi
Karya tiga dimensi memiliki sisi.
Sisi-sisi saling berhadapan.
Terdapat tiga sisi.
Tiga sisi tersebut saling berhubungan.
Karya tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi.
LATIHAN
Tuliskan soal beserta jawabannya!
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar