MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Hari / Tanggal : Kamis / 8 Mei 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Sayang Lingkungan
CP :
Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara dan Mempresentasikan · Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Menulis · Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. |
TP :
Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.
Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.
Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
Melalui mengamati ilustrasi, peserta didik dapat menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan teks cerita.
LATIHAN
Silahkan anak-anak menyelesaikan tugas di bawah ini, dengan menuliskan soal dan jawabannya!1. Hore, akhirnya hujan ....
2. Saat hujan, Dida menjadi senang karena ....
3. Dida tetap main hujan terus. Ibu melarang main hujan lagi karena ....
4. "Terus - menerus". Kata ulang ini memiliki makna ....
5. Kata kunci dari teks di atas adalah ....
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar