Selasa, 05 November 2024

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                       MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN SENI RUPA



 Hari / Tanggal                   :  Rabu / 7 November 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Bentuk Geometri

CP                                       : 

Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak). Mereka juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang, bawah, atas).

 

TP                                :  

Siswa dapat : 

  • Membedakan bangun datar yang merupakan segi banyak dan yang bukan 
  • Menjelaskan ciri-ciri bangun datar, seperti segitiga, segi empat, segi banyak, dan lingkaran 
  • Mengurai satu bangun datar menjadi beberapa bangun datar lain 
  • Menyusun beberapa bangun datar untuk membentuk bangun datar lain, seperti segitiga, segi empat, dan segi banyak 


Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.


Pernahkan kalian benda-benda di bawah ini?

Mari kita membuat gambar tersebut dengan menggunakan origami!


1.  Segi Banyak Beraturan


Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak....

Mata Pelajaran         :  Seni Rupa

Materi                        :  Menggambar Pola

Media                        :  Video

CP                               :

Mengalami (Experiencing)         

·         Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)        

·         Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)             

·         Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.             

Menciptakan (Making/Creating)            

·         Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)              

·         Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.           

 

Tujuan Pembelajaran    : 

Siswa mampu mengenali dan mengeksplorasi pola dan motif sederhana (a-ba-b).

Siswa mampu mengenal dan mengeksplorasi alat untuk membuat garis.

Siswa mampu mengenal dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya.










Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..


Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...