Kamis, 31 Oktober 2024

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                               MATERI AJAR P5


Hari / Tanggal                   :  Kamis / 31 Oktober 2024

Kelas                                 :  2. B

Mata Pelajaran                 :  P5

Aktivitas 12                   :  MEMBUAT ALAT TRANSPORTASI LAUT

Media                                 :  Video dan Praktek

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^

Untuk Minggu ini, kita akan membuat alat transportasi laut. 

Apakah anak-anak sudah siap?

Sebelum kita memulai aktivitas hari ini, silahkan anak-anak simak video di bawah ini ya!


Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Materi : Mengenal Cara Aman untuk Menyeberangi Jalan dan Berada Seorang Diri di Rumah, serta Berbagai Tanda Peringatan di Tempat Umum

Media : Video

CP : 

· Menyimak

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.


· Membaca dan Memirsa

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.

2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.


· Berbicara dan Mempresentasikan

1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.

4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.


· Menulis

1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


TP : 

Mengamati

§ Melalui mengamati petunjuk visual di dalam gambar, peserta didik dapat memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada gambar.

Berdiskusi

§ Melalui berdiskusi, peserta didik dapat menyampaikan pendapat Terhadap gambar, warna, dan tata letak.

Menulis

Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.




Sekian pertemuan kita hari ini ya Nak..

Tetap semangat belajar dan ibadahnya yaa..

Sampai bertemu di hari Senin Kiddos.. ^,^

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



1 komentar:

  1. Alhamdulilah, pada pembelajaran P5 anak-anak terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian pembuatan miniatur alat transportasi laut, yaitu kapal laut. Anak-anak sangat bersemangat dalam menggoreskan warna serta menghias kapal laut mereka, dengan segala kreatifitas yang mereka miliki.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"

Selasa, 19 November 2024 Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"                                                                    ...