MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN SENI RUPA
Hari / Tanggal : Rabu / 30 Oktober 2024
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Menggunakan ukuran waktu dalam aktivitas sehari-hari
CP :
Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.
Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
1. Menyebutkan waktu dengan menggunakan durasi terhadap waktu yang lain (Lihat nomor 3 buku siswa).
2. Menggunakan waktu dan durasi dengan tepat.
3. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Materi : Menggambar Pola
Media : Video
CP :
Mengalami (Experiencing) · Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa. Merefleksikan (Reflecting) · Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari. Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) · Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar. Menciptakan (Making/Creating) · Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna. Berdampak (Impacting) · Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya. |
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu mengenali dan mengeksplorasi pola dan motif sederhana (a-ba-b).
Siswa mampu mengenal dan mengeksplorasi alat untuk membuat garis.
Siswa mampu mengenal dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya.
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah.. Pada kegiatan pembelajaran hari ini anak-anak semakin paham mengenai waktu. Diberikan tambahan materi, mengenai satuan menit pada gambar jam. Pada pembelajaran Seni Rupa, Anak-anak belajar membuat pola bentuk sederhana melalui pengamatan video. Dimana siswa membuat pola batik sederhana.
BalasHapus