MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin, 15 Mei 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 4 : Menjaga Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran : 1
dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada Minggu ini, kalian akan mempelajari Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran
hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini,
kalian dapat menemukan penggunaan huruf kapital (awal
kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar. Kalian juga
nantinya dapat menyelesaikan permasalahan seharihari tentang satuan waktu
dengan benar. Serta kalian dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk
membuat karya hiasan dengan benar.
Menjaga keselamatan di perjalanan banyak bentuknya.
Kita harus menjaga keselamatan diri. Keselamatan barang atau harta
benda juga perlu diperhatikan.
Keselamatan kendaraan pun perlu dijaga.
Ayo
Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati di atas?
Menurutmu, mengapa kita perlu melakukan itu?
Udin dan teman-teman membaca sebuah dongeng.
Mereka membaca kisah kera dan ayam.
Ayo
membaca
Bacalah dongeng berikut dengan nyaring!
Kisah
Kera dan Ayam
Suatu hari, Kera dan
Ayam berencana untuk berjalanjalan ke hutan.
Mereka berdua mendapat
informasi kalau di hutan itu terdapat banyak pohon buah-buahan yang lezat.
Mereka berdua memulai
perjalanan sejak pagi, tapi tidak sebatang pohon buah pun yang mereka temui.
Yang ada hanyalah
pohon-pohon yang tinggi dan berdaun lebat.
"Mungkin kita
harus berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera.
Ayam hanya mengangguk
setuju. Semakin lama, suasana hutan semakin gelap.
Sinar matahari tidak
mampu menembus rimbunnya pepohonan.
Ayam mulai ketakutan,
"Kera, kita tersesat? Bagaimana kalau kita pulang saja?”,
katanya. Kera juga
kebingungan, “Mana jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”, sahut si Kera.
Mereka sibuk mencari
jalan keluar, tapi semakin lama mereka berjalan semakin jauh mereka masuk ke
dalam hutan.
Kera meminta maaf
kepada Ayam. Kera merasa bersalah karena telah mengajak Ayam berjalanjalan ke
hutan.
Padahal ia tidak tahu
jalan keluar dari hutan. Ayam pun memaafkan Kera.
Akhirnya, Ayam dan Kera
bertemu dengan kepiting.
Kepitinglah yang
menunjukkan mereka jalan keluar dari hutan.
Ayam dan Kera pun
selamat sampai ke rumah masing-masing.
Apa isi cerita dongeng “Kisah Kera dan Ayam” di atas?
Mengapa kera dan ayam bisa tersesat?
Apa yang harus kita lakukan agar tidak tersesat ketika melakukan
perjalanan?
Ayo
Mengamati
Bacalah kembali teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam” dengan teliti!
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan huruf kapital?
Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan teliti!
Huruf kapital digunakan pada setiap kata awal kalimat.
Huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama petikan langsung.
1. "Mungkin kita harus berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera.
2. "Kera, kita tersesat? Bagaimana kalau kita pulang saja?”,
katanya.
3. Kera juga kebingungan, “Mana jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”,
sahut si Kera.
Ayo
Berlatih
Temukanlah kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat-kalimat
berikut!
1. “apa yang kamu lakukan Udin?”, kata ibu.
2. Ayah berpesan, “jika berjalan, harus berhati-hati ya, Nak!”
3. “kamu harus memperhatikan keselamatan diri ya, Nak!”, kata ayah.
4. “pakai helm dengan baik ya, Nak!”, seru ayah.
5. Ayah berkata, “jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa
membahayakan diri.”
Sekarang, coba perbaiki kesalahan pada kalimatkalimat sebelumnya dengan
benar!
Ayo
Mengamati
Masih ingatkah kamu dengan dongeng “Kisah Kera dan Ayam”?
Gambar ayam dapat dibuat ke dalam bentuk hiasan.
Perhatikan gambar hiasan berikut!
Buatlah hiasan anak ayam dengan mengikuti petunjuk berikut!
Hiasan Anak Ayam
Bahan :
(1) Kertas warna
(2) Kertas gambar
(3) Lem
Alat :
(1) Pensil
(2) Gunting
(3) Spidol atau krayon
Langkah Kerja:
Ayo
Membaca
... Mereka berdua memulai perjalanan sejak pagi, tapi tidak sebatang pohon
buah pun yang mereka temui ...
... Semakin lama, suasana hutan semakin gelap. Sinar Matahari tidak mampu menembus rimbunnya pepohonan ...
Kera dan ayam berjalan mulai dari pagi hingga
malam hari.
Lama waktu dari pagi hingga malam dikatakan
dengan satu hari.
Masih ingatkah kamu dengan nama-nama hari?
Berapa hari dalam satu minggu?
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Mutiara dan Udin mengetahui perbandingan antar
satuan waktu.
Udin dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan
dengan satuan waktu.
Ayo
Berlatih
Kerjakan soal-soal latihan berikut dengan
benar!
1.
Udin telah
menabung selama 3 bulan. Berapa harikah Udin telah menabung?
Jawab:
........................................................................
2.
Ayah pergi
ke luar kota selama 2 bulan. Berapa harikah ayah pergi ke luar kota?
Jawab:
........................................................................
3.
Umur adik
Beni telah 4 bulan. Berapa harikah umur adik Beni?
Jawab:
........................................................................
4.
Jarak umur
Udin dan Lani 5 bulan. Berapa harikah jarak umur Udin dan Lani?
Jawab:
........................................................................
5.
Udin
berlibur ke rumah paman selama 1 bulan. Berapa harikah lama Udin berlibur ke
rumah paman?
Jawab:
........................................................................
Udin membaca sebuah cerita. Ceritanya berjudul
“Pemuda Bersuling Ajaib”.
Ayo
Membaca
Bacalah teks cerita berikut dengan lafal dan
intonasi yang tepat!
Apa isi teks cerita di atas?
Apa kesimpulanmu terhadap isi teks cerita yang kamu baca?
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan huruf kapital?
Huruf kapital digunakan pada awal kata nama orang dan nama tempat.
Selain itu, penggunaan huruf kapital juga ditulis pada setiap awal
kalimat.
Ayo
Mengamati
Perhatikan kembali cuplikan teks cerita berikut!
Apa tanggapanmu terhadap isi teks di atas?
Apa yang harus kita lakukan agar lingkungan di sekitar kita tetap
bersih?
Coba amati gambar berikut dengan teliti!
Manakah yang merupakan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan sekitar?
Beri tanda centang (√) pada gambar
yang sesuai!
Ayo
Mengamati
Amati kembali gambar berikut!
Udin dan teman-teman sedang kerja bakti.
Udin dan teman-teman berbeda agama.
Mereka juga berbeda suku bangsa.
Tidak hanya itu, jenis kelamin mereka pun
berbeda.
Walaupun berbeda, mereka hidup rukun dan akrab.
Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam
keragaman.
Menurutmu, sikap apa yang dimiliki Udin dan
teman-teman hingga tercipta persatuan?
Coba diskusikan dengan temanmu!
Isikan hasilnya pada tabel berikut!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar