MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jumat, 05 Mei 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-6
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
Dengan mengamati model jam, kalian dapat menentukan
konversi satuan waktu serta menyatakan lama waktu kegiatan dengan benar. Serta dapat
memberikan contoh kegiatan bermain yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman
teman sekolah dengan benar.
Udin dan teman-teman bermain sepeda.
Mereka bermain di halaman rumah.
Bermain sepeda harus berhati-hati.
Jika terjatuh, badan bisa terluka. Kita harus memperhatikan keselamatan
diri.
Ayo
Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan Siti?
Apa yang akan terjadi jika bermain sepeda tidak berhati-hati?
Bacalah kalimat tanya berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
1. Siapa yang membelikan kamu sepeda?
2. Kapan kamu bisa bersepeda?
Kalimat tanya berguna untuk menanyakan sesuatu.
Kalimat tanya selalu dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
Ayo
Menulis
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk
berikut!
·
Tulislah
pertanyaan menggunakan kata Tanya : apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan
bagaimana.
·
Tuliskan
pertanyaan berdasarkan gambar berikut!
Ayo
Membaca
Udin dan temanteman bermain sepeda.
Udin dan teman-teman berbeda agama.
Mereka juga berbeda daerah asal.
Walaupun berbeda, mereka bermain sepeda dengan rukun.
Sikap mereka telah menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman.
Pernahkah kamu bermain yang menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman?
Ayo
Mengamati
Udin dan teman-teman mulai bermain pukul 16.00.
Mereka bermain selama 1 jam.
Mereka selesai bermain pukul 17.00.
Amati tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!
Ayo Berlatih
Gambarlah tanda waktu pada jam sesuai dengan penjelasan soal berikut!
1. Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam.
Pukul berapakah ia selesai bermain?
2. Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60
menit. Pukul berapakah ia selesai membantu ibu?
3. Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam.
Pukul berapakah ia selesai bermain?
4. Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00.
Mereka bermain selama 120 menit. Pukul berapakah mereka selesai bermain?
5.
Beni mulai belajar 07.00. Ia
belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar?
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar