MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jum’at, 14 April 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-6
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan
lafal dan intonasi yang tepat. Dengan mengamati
putaran jam, kalian dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan
benar. Dan nantinya dengan berdiskusi, kalian dapat memberikan
contoh kegiatan beribadah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman
sekolah dengan benar.
Udin merayakan ulang tahun. Ia mengundang semua teman
satu kelasnya.
Teman-teman akan dijamu makan siang di rumahnya
Ayo Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
1. Naik apa tadi ke sini?
2. Siapa saja yang diundang Udin?
3. Pukul berapa acaranya dimulai?
4. Di mana ibu guru, ya?
5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.
Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!
Tuliskan menggunakan kata apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan
bagaimana!
Tuliskan pada kolom berikut dengan rapi!
1. Apa
...........................................................................
2. Mengapa
.................................................................
3. Kapan ......................................................................
4. Siapa
........................................................................
5. Di mana
..................................................................
6. Bagaimana .............................................................
Apakah pertanyaan yang kamu buat sudah benar?
Jika belum, coba perbaiki dengan memperhatikan aturan kalimat tanya
yang benar!
Ayo
Membaca
Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum.
Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah.
Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.
Mereka tidak saling memaksakan kehendak.
Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun.
Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.
Tahukah kamu contoh kegiatan lain yang menunjukkan persatuan dalam
menjalankan ibadah?
Coba tuliskan contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam
beribadah!
Perhatikan contoh berikut!
1.
Menghormati temanmu yang sedang
melakukan salat.
Sekarang, coba tuliskan kegiatanmu pada tabel berikut!
Tuliskan sesuai dengan ajaran agamamu!
Ayo
Mengamati
Bacalah percakapan pada gambar berikut dengan nyaring!
Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman pada gambar?
Pukul berapa kegiatan itu berlangsung?
Perhatikan gambar jam berikut dengan teliti!
Bilangan berapa saja yang kamu lihat?
Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.
Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul
01.00.
Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00.
Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.
Perhatikan kembali gambar berikut!
Ayo Berlatih
Tulislah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut dengan tepat!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar