MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Rabu,
05 April 2023
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 4 : Kebersamaan
di Tempat Wisata
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 4 Kebersamaan di Tempat Wisata akan
mempelajari tentang mengelompokkan dan menuliskan karakteristik teman sekolah
berdasarkan suku/asal daerahnya, menuliskan kata sapaan dalam kalimat dengan
ejaan yang benar, mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis,
memperbaiki kata sapaan yang telah dikoreks, membacakan kembali kata sapaan
yang telah diperbaiki dengan bahasa yang santun, menyatakan pecahan setengah,
sepertiga, dan seperempat sebagai bagian dari keseluruhan, menyajikan pecahan
setengah, seperempat, dan sepertiga yang bersesuaian dengan bagian dari
keseluruhan suatu benda konkret. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai
penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/ibu guru di
dalam kelas.
Ayo Mengamati
Pengunjung kebun binatang berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat.
Mereka berasal dari berbagai daerah atau suku.
Siti menyapa beberapa pengunjung.
Siti berkenalan dengan Bariah, ia berasal dari Madura.
Dayu berkenalan dengan Asep, ia berasal dari Bandung.
Beni berkenalan dengan Joko, ia berasal dari Solo.
Edo berkenalan dengan Madin, ia berasal dari Jakarta.
Mereka senang bisa berkenalan di kebun binatang.
Ayo Membaca
Ayo membaca teks di atas dengan percaya diri!
Ayo Berlatih
Ayo Berdiskusi
Diskusikan sikap kamu ketika bertemu dengan orang yang berbeda suku atau
daerah! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
Kita harus menghormati dan menghargai teman yang berbeda suku atau daerah.
Kita tidak boleh membedakan teman hanya karena berbeda suku
Ayo Menulis
Buatlah kalimat yang memuat kata sapaan berikut! Bacalah kalimat yang kamu
buat di depan kelas!
Siti |
: |
“Selamat sore, Bariah” |
Beni |
: |
“Joko, dari mana asalmu?” |
Edo |
: |
“Madin, apa kegemaranmu?” |
Dayu |
: |
“Asep, bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda suku?” |
Pak Guru |
: |
“Kalian harus menjaga kebersihan.” |
Beni |
: |
“Sobat, bagaimana kabarnya?” |
Siti |
: |
“Pak Satpam, di mana toiletnya? |
Ketika di kebun binatang, Siti membagi kelompok.
Kelompok disesuaikan dengan tempat binatang yang dikunjungi.
Apabila lokasinya luas maka hanya dibagi dua kelompok.
Apabila lokasinya agak sempit dibagi tiga kelompok.
Apabila lokasinya sempit dibagi empat kelompok
Ayo Berlatih
Pilihlah 24 siswa, mereka seolah-olah peserta kunjungan ke kebun binatang.
Praktikkan untuk membentuk 2 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota
sama banyak
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/2). Setiap kelompok
terdiri (12) siswa.
Praktikkan untuk membentuk 3 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki
anggota sama banyak.
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/3).Setiap kelompok
terdiri dari (4) siswa.
Praktikkan untuk membentuk 4 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki
anggota sama banyak.
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/4). Setiap kelompok
terdiri dari (6) siswa.
Ayo Berlatih
Lingkarilah pecahan yang sesuai dengan gambar!
Ayo Berlatih
Lengkapi pernyataan berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1. Siswa kelas 2 terdiri dari 36 siswa.
a. Setengah bagian dari siswa kelas 2 adalah .... 18. (36 siswa dibagi dua hasilnya adalah
18 siswa)
b. Sepertiga bagian dari siswa kelas 2 adalah .... 12. (36 siswa dibagi 3
hasilnya adalah 12 siswa)
c. Seperempat bagian dari siswa kelas 2 adalah ... 9. 36 siswa dibagi 4
hasilnya adalah 9 siswa)
2. Di kebun binatang terdapat 12 rusa.
a. Setengah bagian dari jumlah rusa adalah ...6. (12 rusa dibagi 2 hasilnya
adalah 6 rusa)
b. Sepertiga bagian dari jumlah rusa adalah .... 4. (12 rusa dibagi 3
hasilnya adalah 4 rusa)
c. Seperempat bagian dari jumlah rusa adalah ....3. (12 rusa dibagi 4 hasilnya adalah 3 rusa)
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar