Selasa, 23 Maret 2021

Tema 8 Subtema 3 PB 1

 Hari / Tanggal    :  Selasa / 23 Maret 2021

 Tema                  :  8 (Daerah Tempat Tinggalku)

 Subtema             :  3 (Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku)

 Pembelajaran       :  1

Tujuan Pembelajaran    :

1.   Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.

2.      Dengan pengamatan peristiwa di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan mengenai hubungan antara gaya dan gerak melalui pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menentukan pembelajaran dalam sebuah cerita fiksi.

4.     Dengan kegiatan menemukan jawaban berdasarkan cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dan sifat tokoh dalam cerita fiksi.

5.       Dengan kegiatan berdiskusi mengenai cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh,sifat tokoh, dan inti cerita fiksi.

 

 

Bismillah...

Apa kabar anak sholih dan sholihah hari ini? Alhamdulillah, kalian telah menyelesaikan PTS Genap, In syaa Allah apapun hasilnya, kalian telah berusaha mandiri dan jujur dalam pengerjaannya, In syaa Allah, Allah ridha dengan usaha kalian.. aamiin..

 

Alhamdulillah, hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita di satu minggu kemarin. Hari ini, kita melanjutkan ke pembelajaran Tema 8 Subtema 3 dan pembelajaran di hari pertama.

 

Apakah anak sholih dan sholihah sudah siap? Sudah semangat? Alhamdulillah ^,^


Agar lebih semangat, silahkan anak-anak sarapan, menyimak tausiah, sholat dhuha, muraajah serta membaca doa sebelum belajar ya sayank... ^,^


Yuk, simak materi berikut ^,^



Materi IPA

Hubungan Antara Gaya dan Gerak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Hubungan antara gaya dan gerak. Hampir dalam setiap hari kita banyak menggunakan kegiatan yang berkaitan dengan gaya dan gerak. Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi kedudukan suatu benda. Gaya ini dapat menimbulkan perubahan gerak. Misalnya meja yang didorong akan bergerak karena adanya gaya dorong. Jadi gaya dapat mempengaruhi gerak suatu benda yang awalnya diam.


Gaya dapat mempengaruhi suatu benda yang menyebabkan :

Benda diam menjadi bergerak. 

Benda diam menjadi bergerak, karena benda yang semua diam bila digerakkan akan bergerak. Contohnya : mendorong mobil yang mogok, mendorong meja, menendang bola dll.


Benda bergerak menjadi diam. 

Benda bergerak menjadi diam, karena benda yang sewaktu bergerak dan tiba – tiba dihentikan sehingga benda tersebut menjadi diam. Contohnya : mengerem sepeda sehingga menjadi lambat dan berhenti.


Perubahan bentuk benda.

Perubahan bentuk benda, karena benda yang berubah bentuk akibat terjadi sesuatu. Contohnya : saat kita menggunakan lilin, setelah meleleh akan berubah bentuknya.


Perubahan arah gerak benda. Contohnya : pada saat kita menyundul bola, bola akan berubah arah.

 

Materi B.Indonesia

Pengarang menggambarkan watak tokoh dalam sebuah cerita dengan 2 cara, yaitu :

1.    Metode Analitik (secara langsung)

Pengarang menggambarkan watak-watak tokoh secara langsung, maksudnya adalah langsung disebutkan wataknya dalam cerita tsb.

Contoh kalimat:

Budi adalah anak yang rajin belajar dan sering mendapat ranking di kelasnya, akan tetapi dia sombong.

 

2.    Metode Dramatik (secara tidak langsung)

Pengarang dalam menggambarkan watak watak-watak tokohnya tidak langsung menyebutkan wataknya, tetapi melalui hal-hal berikut:

-    Melalui penggambaran lingkungan tempat tinggal atau tokoh

contoh kalimat: anak itu memakai baju yang lusuh dan kotor. dia membawa gitar dan gitar tersebut ia mainkan di sepanjang jalan.

-    Melalui percakapan tokoh atau tokoh lain

contoh kalimat:

A: Hai, kamu terlihat sedih. mengapa? aku mungkin bisa membantumu atau menghiburmu

B: pergi sana! aku tidak butuh bantuanmu!

A: maaf, baiklah kalau kamu tidak mau. maaf bila aku mengganggu.

B: huh, kamu ini!

-    Melalui pikiran sang tokoh atau tokoh lain

Contoh kalimat: Cherry menatap anak-anak kecil yang bermain di taman itu, "anak kecil itu selalu lincah, betapa lucunya. aku jadi teringat saat aku masih kecil dulu, ibuku membawakanku bekal saat aku pergi ke sekolah. tapi sekarang ibuku telah pergi." batin Cherry.

-    Melalui perbuatan atau tingkah laku tokoh

Contoh: pagi hari itu, Dino seperti biasa mengantarkan koran dengan sepeda roda duanya yang ia kayuh setiap hari. di sebuah jalan, Dino melihat seorang pengemis yang tua renta, karena Dino merasa iba ia pun memberi pengemis itu uang.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...