Senin, 01 Maret 2021

Tema 8 Subtema 1 PB 4

 

Hari / Tanggal    : Senin / 01 Maret 2021

Tema 8                :  Daerah Tempat Tinggalku

Subtema 1          Lingkungan Tempat Tinggalku

PB                       :  4

Tujuan                :

1.  Dengan kegiatan mencari tahu kegemaran anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya.

2.   Dengan kegiatan membaca teks bacaan, siswa dapat menjelaskan jenis pekerjaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi.

3.   Dengan kegiatan mengamati kegiatan penduduk di lingkungan tempat tinggal,  siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya.

4.    Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita fiksi secara benar.

 

 

Bismillah...
Assalammu'alaikum wr.wb 🙏
Apa kabar anak sholih/ah hari ini?
Apa kabar dengan keimanan dan rasa semangat kita hari ini?
In syaa Allah, Allah senantiasa memberikan kita nikmat iman, sehat dan rasa semangat yg tak pernah putus. Aamiin.

Alhamdulillah, hari ini kita masuk di Senin pertama di bulan Maret. Terus semangat mencari ilmu, serta mencari ridha Allah Swt.

   Hari ini, kita akan melanjutkan pembelajaran di Tema 8 Subtema 1 ^,^

   Jgn lupa, kita mulai dgn bismillah, menyimak tausiah, sholat dhuha, dan murrajaah jangan lupa ya Nak ☺ ☺ 


Mari kita simak materi hari ini ^,^


 

Materi PPKn

Keragaman budaya di Indonesia adalah hal yang menjadikan negara kita kaya dan istimewa. Keragaman budaya di Indonesia ini dipengaruhi sejumlah faktor seperti letak yang strategis, kondisi wilayah yang terdiri atas ribuan pulau, adanya perbedaan kondisi alam serta tingkat penerimaan masyarakat.

 » Pembahasan

Keragaman budaya di Indonesia ini harus dipandang positif sebab memberikan banyak sumbangsih bagi bangsa. Berikut adalah sejumlah manfaat keragaman budaya Indonesia :

            1.     Menjadikan Indonesia istimewa terutama di mata dunia.  

           2.     Menjadi bagian dari identitas dan jati diri bangsa yang membedakannya dari bangsa lain di dunia

            3.     Menumbuhkan nasionalisme atau cinta tanah air

            4.     Menjadikan kebudayaan di Indonesia kaya dan unik sehingga menambah daya tarik pariwisata

            5.     Menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi nasional

            6.     Kebudayaan yang beragam di Indonesia menjadi sumbangsih bagi ilmu pengetahuan di dunia.

 

       Materi B. Indonesia

Cara menuliskan tokoh pada teks dan menceritakan kembali :

1.     Membaca dengan seksama cerita yang tersedia.

2.     Menentukan isi ceritanya.

3.     Menemukan pelaku ceritanya.

4.     Menemukan masalah yang dihadapi pelaku ceritanya.

5.     Menemukan cara pelaku mengatasi masalah yang dihadapinya.

6.     Memperkirakan alasan pelaku memilih cara mengatasi masalahnya.

7.     Menemukan hal-hal yang menarik dari cerita yang tersedia, dan

8.     Menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan kalimat sendiri

 

   Materi IPS


 

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut. 

  1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin. 
  2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak. 
  3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh. 

 

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang,  dan buruh pabrik).

 

Naah, untuk kegiatan kalian hari ini. Silahkan anak-anak melakukan wawancara kepada anggota keluargamu yang ada di rumah mengenai kegemaran masing-masing. Kemudian, silahkan kalian tuliskan hasil wawancara ke dalam tabel seperti yang ada di buku cetak Tematik halaman 32 nomer 3! Serta, kalian selesaikan untuk pertanyaan nomer 4 dan 5 pada halaman 32 - 33. 

Setelah itu, kirimkan hasil wawancaramu ke WA Ibu Okta ^,^

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...