Kamis, 24 Oktober 2024

Kelas 2.B. "P5 - Outing Class"

 Bismillah.. 

Assalamu'alaikum, selamat pagi anak-anak baik Ibu guru.. Bagaimana kabarnya pagi ini? 

Alhamdulillah... 

Anak-anak Ibu guru, hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5. Dimana yang sudah anak-anak ketahui, bahwa Tema P5 kita di semester ini adalah Merancang Transportasi Masa Depan. Beberapa minggu ke belakang, anak-anak sudah memahami beberpa transportasi yang ada di dunia. Dari transportasi darat, laut dan udara. 

Anak-anak juga sudah memahami beberapa ciri dari suara-suara alat transportasi. Serta sudah membuat beberapa contoh miniatur alat transportasi darat. 


Baik, anak-anak baik Ibu guru. Untuk kegiatan P5 hari ini, kita tidak belajar di kelas.. Kita akan belajar mengenai alat transportasi darat dari sumbernya. 

Yaa... Kita akan outing class ke Pool Damri. Di sini nantinya anak-anak akan belajar melalui tontonan mengenai alat transportasi darat, dimana sebelum nya anak-anak akan dijemput terdahulu menggunakan Bis di sekolah. Setelah kita menonton tayangan, anak-anak juga akan diajak untuk berkeliling melihat keindahan kota Bandar Lampung menggunakan alat transportasi Bis. 

Apakah anak-anak siap? 

Apakah anak-anak berantusias? 

Baik, silahkan anak-anak ikuti kegiatan outing class ke Pool Damri hari ini dengan happy ya sayang.. 

Selamat belajar dari alam, dan fii amanillah.. 

Kita bertemu kembali esok hari. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Rabu, 23 Oktober 2024

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

  MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN SENI RUPA

 

 

Hari / Tanggal                   :  Rabu / 23 Oktober 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Ukuran Waktu

CP                                       : 

Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi  (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.

Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  

1.       Menyebutkan waktu dengan menggunakan durasi terhadap waktu yang lain (Lihat nomor 3 buku siswa).

2.       Menggunakan waktu dan durasi dengan tepat.

3.       Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.


Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.




Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Seni Rupa ya Nak....

Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Seni Rupa ya Nak..

Mata Pelajaran         :  Seni Rupa

Materi                        :  Teknik Gradasi dalam Melukis

Media                        :  Video

CP                               :

Mengalami (Experiencing)         

·         Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)        

·         Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)             

·         Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.             

Menciptakan (Making/Creating)            

·         Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)              

·         Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.           

 

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu memahami teknik gradasi dalam seni melukis.









Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 21 Oktober 2024

Kelas 2.B. "Matematika dan Pendidikan Pancasila"

                                                                         MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 

 

Hari / Tanggal                   :  Selasa / 22 Oktober 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Ukuran Waktu

CP                                       : 

Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi  (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.

Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  

1.       Menyebutkan waktu dengan menggunakan durasi terhadap waktu yang lain (Lihat nomor 3 buku siswa).

2.       Menggunakan waktu dan durasi dengan tepat.

3.       Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.


Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.




Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak....

Mata Pelajaran         :  Pendidikan Pancasila

Materi                        :  Sikap menaati dan sikap tidak menaati aturan di rumah

Media                        :  Video

CP                               :

Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga;  menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

 

Tujuan Pembelajaran    : Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games ular tangga norma ,simulasi, dan diskusi kelompok tentang aturan, peserta didik dapat mengelompokkan aturan di rumah sehingga dapat menceritakan sikap patuh dan tidak patuh di rumah dengan baik.










Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Minggu, 20 Oktober 2024

Kelas 2.B. "Bahasa Indonesia"

 

MATERI BAHASA INDONESIA


Hari / Tanggal                   :  Senin / 21 Oktober 2024

Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia

Materi                                :  Mengenal Cara Aman untuk Menyeberangi Jalan dan Berada Seorang Diri di Rumah, serta Berbagai Tanda Peringatan di Tempat Umum

Media                                    :  Video

CP                                       : 

·      Menyimak

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

·      Membaca dan Memirsa

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3.    Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

·      Berbicara dan Mempresentasikan

1.    Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3.    Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.

4.    Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

·      Menulis

1.    Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3.    Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

TP                                   : 

Mengamati

§  Melalui mengamati petunjuk visual di dalam gambar, peserta didik dapat memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada gambar.

Berdiskusi

§  Melalui berdiskusi, peserta didik dapat menyampaikan pendapat Terhadap gambar, warna, dan tata letak.

Menulis

Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.


 Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.












Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 16 Oktober 2024

Kisi-Kisi STS "Matematika dan PJOK"

 Bismillah...

Assalamu'alaikum anak solih dan solihah...

Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melanjutkan melaksanakan Sumatif Tengah Semester Ganjil ya Nak...

Apakah anak-anak Ibu Guru sudah siap untuk menghadapi STS esok hari?

Sudah belajarkah di rumah?

Sudah berdoa secara maksimal kepada Allah?

Alhamdulillah...

Untuk lebih memaksimalkan usaha kalian dalam menghadapi STS esok pagi, silahkan anak-anak menyimak kisi-kisi berikut ini ya sayang...


Kisi-Kisi STS Matematika

- Menghitung Jumlah benda.

- Menentukan Lambang bilangan.

- Menuliskan Lambang Bilangan.

- Nilai tempat.

- Membandingkan bilangan.

- Mengurutkan bilangan.

- Pengurangan tanpa meminjam dan dengan meminjam.

- Penjumlahan dengan menyimpan dan tanpa menyimpan.

- Pengurangan dan penjumlahan cara panjang.

- Pengurangan dan penjumlahan cara bersusun pendek.

- Soal cerita mengenai penjumlahan dan pengurangan.

- Nama-nama hari.

- Nama-nama bulan.

- Satuan waktu (detik, menit, jam)

- Menentukan lama kegiatan.

- Menggambar jam.


Kisi-Kisi STS PJOK

anggietiaraputri.blogspot.com


Semangat belajar ya Nak.. Semoga Allah memaksimalkan hasil dari apa yang sudah kalian usahakan.. Aamiin...




Selamat belajar dan beribadah, In syaa Allah kita akan bertemu kembali esok hari..


Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Selasa, 15 Oktober 2024

Kisi-Kisi STS "Seni Budaya dan Bahasa Lampung"

  Bismillah...

Assalamu'alaikum anak solih dan solihah...

Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melanjutkan melaksanakan Sumatif Tengah Semester Ganjil ya Nak...

Apakah anak-anak Ibu Guru sudah siap untuk menghadapi STS esok hari?

Sudah belajarkah di rumah?

Sudah berdoa secara maksimal kepada Allah?


Alhamdulillah...

Untuk lebih memaksimalkan usaha kalian dalam menghadapi STS esok pagi, silahkan anak-anak menyimak kisi-kisi berikut ini ya sayang...


Kisi-Kisi STS Seni Budaya

- Penggunaan Warna

- Jenis Warna (Primer, Sekunder, Tersier)

- Contoh dari jenis warna

- Karya 2 dan 3 dimensi

- Alat dan Bahan yang digunakan dalam melukis

- Macam-macam garis dalam teknik menggambar


Kisi-Kisi STS Bahasa Lampung

realitaputrisoleha.blogspot.com


Semangat belajar ya Nak.. Semoga Allah memaksimalkan hasil dari apa yang sudah kalian usahakan.. Aamiin...


Selamat belajar dan beribadah, In syaa Allah kita akan bertemu kembali esok hari..

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Senin, 14 Oktober 2024

Kisi-Kisi STS "Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris"

  Bismillah...

Assalamu'alaikum anak solih dan solihah...

Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melanjutkan melaksanakan Sumatif Tengah Semester Ganjil ya Nak...

Apakah anak-anak Ibu Guru sudah siap untuk menghadapi STS esok hari?

Sudah belajarkah di rumah?

Sudah berdoa secara maksimal kepada Allah?


Alhamdulillah...

Untuk lebih memaksimalkan usaha kalian dalam menghadapi STS esok pagi, silahkan anak-anak menyimak kisi-kisi berikut ini ya sayang...


Kisi-Kisi STS Bahasa Indoneisa

- Mengenal Berbagai Perasaan

- Mengenal Mimik Berbagai Perasaan

- Intonasi Berbagai Perasaan

- Tanda Baca

- Penggunaan Huruf Kapital

- Cara menjaga kesehatan mata

- Penyampaian Pendapat dan informasi suatu teks

- Cara Menenangkan diri

- Penggunaan Kata Tanya

- Kalimat berunsur SPO


Kisi-Kisi STS Bahasa Inggris

diaandps79.blogspot.com


Semangat belajar ya Nak.. Semoga Allah memaksimalkan hasil dari apa yang sudah kalian usahakan.. Aamiin...


Selamat belajar dan beribadah, In syaa Allah kita akan bertemu kembali esok hari..

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Kelas 2 Zubair bin Awwam "Bahasa Indonesia"

 MATERI AJAR BAHASA INDONESIA Hari / Tanggal          :  Jumat / 12 September 2025 Tema                              :  Menjaga Kesehatan Ma...